Rekomendasi Wisata Kuliner Terbaik di Surabaya untuk Liburan Akhir Tahun

Nasi goreng jancuk bisa menjadi pilihanmu.

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Jum'at, 09 Desember 2022 | 10:05 WIB
Rekomendasi Wisata Kuliner Terbaik di Surabaya untuk Liburan Akhir Tahun
Ilustrasi Nasi Goreng (Pixabay/KavindaF)

SuaraMalang.id - Berstatus sebagai kota metropolitan, Surabaya merupakan salah satu daerah di timur Pulau Jawa yang bisa jadi destinasi liburan. Selain mempunyai wisata sejarah yang menarik, Surabaya juga terkenal dengan ragam wisata kuliner. Ibu kota Jawa Timur ini mempunyai beberapa destinasi kuliner yang khas dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Untuk memudahkan Anda mengunjungi destinasi kuliner tersebut, Anda bisa menyewa mobil. Di sini ada banyak tempat rental mobil untuk para wisatawan. Selain untuk hunting kuliner, liburan akhir tahun Surabaya naik rental mobil juga akan mempermudah mobilisasi Anda.

Berbeda dengan Yogyakarta dan Solo, kuliner khas Surabaya dikenal memiliki cita rasa pedas. Namun, Anda tidak perlu khawatir, hidangan pedas Surabaya masih bisa untuk dinikmati. Berikut ini beberapa rekomendasi destinasi kuliner favorit di Surabaya yang cocok untuk Anda yang sedang liburan akhir tahun.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Baca Juga:Warga Surabaya Diminta Beli STB Jelang Pindah ke TV Digital pada 20 Desember

Lontong Balap Garuda Pak Gendut merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang populer. Kuliner yang satu ini termasuk pemain lama di Surabaya. Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1958.

Hidangan ini terdiri dari lontong, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Semua komponen tersebut dipadukan dengan kuah segar yang menggugah selera. Lontong balap akan terasa lebih sedap jika dilengkapi dengan sate kerang dan segelas es kelapa muda. Destinasi kuliner ini berlokasi di Jalan Kranggan No.66, Sawahan, Surabaya.

Nasi Goreng Jancuk

Nama Nasi Goreng Jancuk awalnya berasal dari umpatan seorang pelanggan yang merupakan teman dari juru masak. Saat itu sang juru masak membuatkan nasi goreng untuk temannya dengan tambahan cabe rawit yang banyak. Ketika mencicipi nasi goreng tersebut, umpatan “jancuk” keluar dari mulut mereka. Sejak saat itu tempat makan ini bernama Nasi Goreng Jancuk.

Saat ini Nasi Goreng Jancuk merupakan salah satu kuliner favorit di Surabaya. Selain karena pedas, penyajiannya juga beda dari yang lain. Hidangan ini disajikan dalam porsi yang sangat besar, cukup untuk empat sampai lima orang. Harganya sekitar Rp150.000 per porsi. Nasi Goreng Jancuk berlokasi di Royal Plaza.

Baca Juga:Jadi Hidden Gem Baru, Ini 5 Kuliner Tradisional Gunungkidul Yogyakarta Wajib Dicoba!

Sate Klopo Ondomehen

Sate Klopo Ondomehen merupakan kuliner legendaris Surabaya. Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1945. Salah satu keunikan hidangan ini adalah daging ayam dan sapi yang dibaluri dengan kelapa parut berbumbu. Sate Klopo Ondomehen disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan cabai rawit.

Selain sate daging dan sate ayam, di sini juga terdapat menu lain berupa sate otot, sate usus, dan sumsum. Harga untuk 10 tusuk sate mulai dari Rp20.000. Sate Klopo Ondomehen terletak di Jalan Walikota Mustajab No.36, Surabaya. Anda bisa datang ke tempat ini dari pukul 07.00 – 23.00 WIB.

Sego Sambel Mak Yeye

Liburan ke Surabaya kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan dari Sego Sambel Mak Yeye. Tempat makan ini sangat populer di Surabaya dan sudah ada sejak 1982. Menu yang disajikan di sini adalah menu sederhana, namun rasa yang ditawarkan mampu membuat orang balik lagi ke tempat ini.

Jika penasaran dengan kuliner ini, Anda bisa datang ke Jalan Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Tempat makan ini mulai buka dari pukul 21.00 WIB. Namun, alangkah baiknya Anda datang ke sini lebih awal, sebab setiap hari tempat ini selalu ramai pengunjung. 

Sate Karak

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate karak memiliki tampilan yang cukup unik. Hidangan ini menggunakan daging dan jeroan sapi berukuran cukup besar sebagai bahan utama. Jika pada umumnya, sate dilengkapi dengan lontong atau nasi, sate karak justru menggunakan ketan hitam. Ketan hitam yang disajikan tidak lengket sehingga mudah untuk dinikmati.

Selain itu, makanan ini tidak menggunakan bumbu atau sambal kacang, tapi parutan kelapa yang diberi bumbu lalu dilumuri ke sate. Parutan kelapa ini memiliki cita rasa manis dan gurih.

Rawon Setan Mbak Endang

Rawon merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang wajib untuk dinikmati. Salah satu rawon terbaik di Kota Pahlawan adalah Rawon Setan Mbak Endang. Ini merupakan rawon setan asli dan pertama di Indonesia.

Dinamakan rawon setan karena tempat makan ini hanya buka pada malam hari. Salah satu ciri khas dari kuliner ini adalah daging rawon yang disajikan mempunyai tekstur yang empuk dan ukurannya cukup besar. Di samping itu, kuahnya juga menggugah selera. Meskipun hanya buka di malam hari, tempat makan ini selalu ramai oleh pengunjung.

Demikian beberapa rekomendasi destinasi kuliner terbaik di Surabaya. Selain pilihan kuliner di atas, masih banyak lagi jenis kuliner lain yang bisa Anda cicipi saat liburan akhir tahun di kota ini.

Lifestyle

Terkini

Menurut Zainudin Amali, setiap orang tidak diperbolehkan melakukan kekerasan meski dalam kondisi marah.

News | 12:20 WIB

Dalam beberapa hari belakangan ini merebak kabar penculikan anak di Kabupaten Malang Jawa Timur ( Jatim ). Kabar ini beredar luas di media sosial.

News | 09:23 WIB

Polisi akan menangkap pelaku perusakan dan kekerasan di markas milik klub berjuluk Singo Edan tersebut.

News | 19:07 WIB

Polisi juga melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) usai kericuhan.

News | 16:54 WIB

Massa semula hanya menempelkan poster ke kaca Arema FC official store

News | 14:59 WIB

Diduga ular sanca kembang itu berkembang biak dan memiliki sarang di rerimbunan pohon bambu belakang kandang ternak ayam.

News | 14:50 WIB

"Konten eksploitasi lansia yang menjadi fenomena baru 'ngemis' secara daring ini membuat resah masyarakat."

News | 11:42 WIB

Sepasang muda-mudi tertangkap kamera tengah melakukan hal tak senonoh di tempat umum. Mereka terlihat bermesraan di bangku pedestrian Jalan Ijen, Kota Malang.

News | 13:35 WIB

Beredar video yang memperlihatkan detik-detik kereta api Sancaka menabrak truk pengangkut mobil baru.

News | 08:23 WIB

Aksi pencurian burung di perumahan Griyatama, Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terekam CCTV. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (24/1/2023) sekitar pukul 03.00 dini hari.

News | 12:53 WIB

Lagi-lagi kasus pencabulan. Setelah seorang kiai, guru sekolah, ustadz, kini seorang guru ngaji dilaporkan dugaan kasus pencabulan di Kabupaten Malang Jawa Timur ( Jatim ).

News | 08:18 WIB

Sepeda motor yang ditumpangi korban mogok. Kemudian ibu dan anak tersebut akan menepi, kata Robial.

News | 07:53 WIB

Baru-baru ini beredar sebuah video penyerangan rumah seorang warga di Kabupaten Jember Jawa Timur ( Jatim ). Dalam video itu, satu sosok perempuan menjadi sorotan.

News | 18:37 WIB

"Akibat peristiwa ini, korban mengalami kerugian diperkirakan mencapai Rp60 juta."

News | 11:45 WIB

Menurut Basori, rombongan remaja ini memasuki wisata Pulau Merah melalui jalur tikus.

News | 11:41 WIB
Tampilkan lebih banyak