Rekomendasi Wisata Kuliner Terbaik di Surabaya untuk Liburan Akhir Tahun

Nasi goreng jancuk bisa menjadi pilihanmu.

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Jum'at, 09 Desember 2022 | 10:05 WIB
Rekomendasi Wisata Kuliner Terbaik di Surabaya untuk Liburan Akhir Tahun
Ilustrasi Nasi Goreng (Pixabay/KavindaF)

SuaraMalang.id - Berstatus sebagai kota metropolitan, Surabaya merupakan salah satu daerah di timur Pulau Jawa yang bisa jadi destinasi liburan. Selain mempunyai wisata sejarah yang menarik, Surabaya juga terkenal dengan ragam wisata kuliner. Ibu kota Jawa Timur ini mempunyai beberapa destinasi kuliner yang khas dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Untuk memudahkan Anda mengunjungi destinasi kuliner tersebut, Anda bisa menyewa mobil. Di sini ada banyak tempat rental mobil untuk para wisatawan. Selain untuk hunting kuliner, liburan akhir tahun Surabaya naik rental mobil juga akan mempermudah mobilisasi Anda.

Berbeda dengan Yogyakarta dan Solo, kuliner khas Surabaya dikenal memiliki cita rasa pedas. Namun, Anda tidak perlu khawatir, hidangan pedas Surabaya masih bisa untuk dinikmati. Berikut ini beberapa rekomendasi destinasi kuliner favorit di Surabaya yang cocok untuk Anda yang sedang liburan akhir tahun.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Baca Juga:Warga Surabaya Diminta Beli STB Jelang Pindah ke TV Digital pada 20 Desember

Lontong Balap Garuda Pak Gendut merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang populer. Kuliner yang satu ini termasuk pemain lama di Surabaya. Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1958.

Hidangan ini terdiri dari lontong, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Semua komponen tersebut dipadukan dengan kuah segar yang menggugah selera. Lontong balap akan terasa lebih sedap jika dilengkapi dengan sate kerang dan segelas es kelapa muda. Destinasi kuliner ini berlokasi di Jalan Kranggan No.66, Sawahan, Surabaya.

Nasi Goreng Jancuk

Nama Nasi Goreng Jancuk awalnya berasal dari umpatan seorang pelanggan yang merupakan teman dari juru masak. Saat itu sang juru masak membuatkan nasi goreng untuk temannya dengan tambahan cabe rawit yang banyak. Ketika mencicipi nasi goreng tersebut, umpatan “jancuk” keluar dari mulut mereka. Sejak saat itu tempat makan ini bernama Nasi Goreng Jancuk.

Saat ini Nasi Goreng Jancuk merupakan salah satu kuliner favorit di Surabaya. Selain karena pedas, penyajiannya juga beda dari yang lain. Hidangan ini disajikan dalam porsi yang sangat besar, cukup untuk empat sampai lima orang. Harganya sekitar Rp150.000 per porsi. Nasi Goreng Jancuk berlokasi di Royal Plaza.

Baca Juga:Jadi Hidden Gem Baru, Ini 5 Kuliner Tradisional Gunungkidul Yogyakarta Wajib Dicoba!

Sate Klopo Ondomehen

Sate Klopo Ondomehen merupakan kuliner legendaris Surabaya. Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1945. Salah satu keunikan hidangan ini adalah daging ayam dan sapi yang dibaluri dengan kelapa parut berbumbu. Sate Klopo Ondomehen disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan cabai rawit.

Selain sate daging dan sate ayam, di sini juga terdapat menu lain berupa sate otot, sate usus, dan sumsum. Harga untuk 10 tusuk sate mulai dari Rp20.000. Sate Klopo Ondomehen terletak di Jalan Walikota Mustajab No.36, Surabaya. Anda bisa datang ke tempat ini dari pukul 07.00 – 23.00 WIB.

Sego Sambel Mak Yeye

Liburan ke Surabaya kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan dari Sego Sambel Mak Yeye. Tempat makan ini sangat populer di Surabaya dan sudah ada sejak 1982. Menu yang disajikan di sini adalah menu sederhana, namun rasa yang ditawarkan mampu membuat orang balik lagi ke tempat ini.

Jika penasaran dengan kuliner ini, Anda bisa datang ke Jalan Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Tempat makan ini mulai buka dari pukul 21.00 WIB. Namun, alangkah baiknya Anda datang ke sini lebih awal, sebab setiap hari tempat ini selalu ramai pengunjung. 

Sate Karak

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate karak memiliki tampilan yang cukup unik. Hidangan ini menggunakan daging dan jeroan sapi berukuran cukup besar sebagai bahan utama. Jika pada umumnya, sate dilengkapi dengan lontong atau nasi, sate karak justru menggunakan ketan hitam. Ketan hitam yang disajikan tidak lengket sehingga mudah untuk dinikmati.

Selain itu, makanan ini tidak menggunakan bumbu atau sambal kacang, tapi parutan kelapa yang diberi bumbu lalu dilumuri ke sate. Parutan kelapa ini memiliki cita rasa manis dan gurih.

Rawon Setan Mbak Endang

Rawon merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang wajib untuk dinikmati. Salah satu rawon terbaik di Kota Pahlawan adalah Rawon Setan Mbak Endang. Ini merupakan rawon setan asli dan pertama di Indonesia.

Dinamakan rawon setan karena tempat makan ini hanya buka pada malam hari. Salah satu ciri khas dari kuliner ini adalah daging rawon yang disajikan mempunyai tekstur yang empuk dan ukurannya cukup besar. Di samping itu, kuahnya juga menggugah selera. Meskipun hanya buka di malam hari, tempat makan ini selalu ramai oleh pengunjung.

Demikian beberapa rekomendasi destinasi kuliner terbaik di Surabaya. Selain pilihan kuliner di atas, masih banyak lagi jenis kuliner lain yang bisa Anda cicipi saat liburan akhir tahun di kota ini.

Berita Terkait

Song Ui-young menilai atmosfer Liga 1 lebih improve dibandingkan kompetisi di negara asalnya, Singapura.

bola | 08:59 WIB

Jadwal keberangkatan dari Bali seharusnya pada pukul 14:25 siang, namun mengalami penundaan. Akhirnya kami diterbangkan ke Surabaya pada pukul 17:55

kalbar | 20:46 WIB

Beberapa restoran di Kabupaten Bandung cocok untuk candle light dinner bersama kekasih mulai dari Cocorico Fantasy Garden hingga Orofi Cafe.

bandungbarat | 20:40 WIB

Satu amunisi Persebaya Surabaya out jelang bergulirnya Liga 1 musim 2023/2024, satu sosok tersebut adalah pemain yang menempati posisi penjaga gawang.

denpasar | 20:00 WIB

Kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari Sutaryadi hadiri undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Senin (5/6/2023).

denpasar | 19:30 WIB

Lifestyle

Terkini

Di Kabupaten Malang seorang pria lulusan Sekolah Menangah Pertama (SMP) berhasil meretas website milik pemerintah

News | 08:19 WIB

Sosok SN sendiri dikenal bekerja sebagai pengacara serta direktur salah satu pendidikan nonformal dan relawan media sosial berpengaruh di Banyuwangi.

News | 22:26 WIB

Selain itu, pelaku juga diketahui meretas situs Bawaslu Bukit Tinggi dan Pemprov Papua Barat serta ratusan situs pribadi.

News | 21:53 WIB

Adian Napitupulu mengungkapkan, jika Jokowi memberikan banyak kesempatan kepada para lawannya.

News | 16:18 WIB

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Noer Rahman Wijaya mengemukakan, bahwa dalam satu liang lahat ada lebih dari satu jenazah.

News | 14:58 WIB

Pasalnya, menurut Boni Hargens saat ini partai tersebut masih menjadi koalisi pemerintah. Menurutnya, hal itu bak istilah 'mengingkari anak sendiri'.

News | 21:19 WIB

Kegiatan ini diyakini dapat memberi kesempatan bagi para pegolf junior untuk bersinar.

News | 19:00 WIB

Mahasiaswa UNS itu tampak tenang melintasi lingkungan kampus sembari mengabadikan momennya bersama sapi tersebut.

News | 15:03 WIB

Seorang Warga Kota Malang menggelar protes dengan cara menumpang mandi di kantor Perumda Tugu Tirta karena aliran air PAM di rumahnya mati.

News | 12:12 WIB

Kepala Desa Ambulu, Jember Mulyono itu meninggal dunia tak lama setelah dievakusi ke rumah sakit pada Minggu (21/5/2023) malam lalu.

News | 12:21 WIB

Ini merupakan bentuk komitmen perseroan dalam melakukan pembangunan bekelanjutan.

News | 15:30 WIB

Pemkot Malang kembali dapat kritikan dari netizen.

News | 15:26 WIB

Warga Hindu Tengger digegerkan dengan hilangnya Patung Ganesha.

News | 15:53 WIB

Manajer Timnas U22 Indonesia Kombes Sumardji didatangi salah satu ofisial Thailand seraya meminta maaf.

News | 16:34 WIB
Tampilkan lebih banyak