10 Tips Agar Liburan Hemat, Tetapi Tetap Menyenangkan

Anda juga harus mengetahui dengan jelas bagaimana biaya hidup yang harus dikeluarkan di kota tempat Anda ingin berlibur.

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Senin, 17 Oktober 2022 | 14:30 WIB
10 Tips Agar Liburan Hemat, Tetapi Tetap Menyenangkan
Ilustrasi liburan (Unsplash.com/Tron Le)

SuaraMalang.id - Berlibur adalah kesempatan emas bagi diri untuk me-refresh dan menghilangkan kejenuhan setelah penat bekerja. Sayangnya, banyak orang yang menganggap bahwa berlibur akan membutuhkan dana yang besar. Padahal untuk melakukan liburan yang menyenangkan tidak perlu menghabiskan banyak uang.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menekan angka pengeluaran Anda ketika liburan. Seperti pembelian tiket menggunakan platform penyedia jasa perjalanan yang sering memberikan promo menarik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan promo tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan, salah satunya Super Air Jet.

Tidak hanya itu aja, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan liburan hemat tetapi tetap menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Merencanakan liburan dari jauh hari

Baca Juga:Pamer Tubuh Sintal di Atas Perahu, Nikita Mirzani Bagikan Momen Liburan di Big Lagoon El Nido Palawan

Ada baiknya Anda membuat perencanaan liburan jauh hari sebelum tiba. Ini dibutuhkan supaya Anda dapat menyusun anggaran pengeluaran secara matang. Anda juga dapat memesan tiket dan penginapan dari jauh hari supaya tidak terlalu mahal.

2. Survei lokasi liburan

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan survey liburan. Tips ini bisa membantu Anda lebih hemat ketika liburan. Dalam hal ini, Anda dapat melihat apa saja destinasi wisata liburan yang ada, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. Untuk melakukan survey ini, Anda tidak perlu datang langsung ke lokasi. Cukup melakukan riset melalui situs destinasi wisata yang ada di internet.

3. Berlibur bersama teman

Supaya daya liburan lebih hemat, Anda dapat melakukan liburan dengan teman-teman. Dengan demikian, pengeluaran anda dapat terbagi dan akan lebih kecil. Karena Anda dapat membagi sistem pembayarannya mulai dari kamar hotel, jasa pemandu wisata, makanan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:10 Potret Cafe Baru Vebby Palwinta, Nuansa Putih dengan Konsep Zaman Dulu

4. Mengutamakan kenyamanan

Tips selanjutnya adalah mengutamakan kenyamanan daripada kemewahan. Tujuan liburan yang utama adalah untuk refreshing sekaligus menyegarkan otak. Oleh karena itu, Anda harus fokus pada tujuan tersebut untuk diri Anda sendiri, bukan orang lain.

5. Membawa uang tunai secukupnya

Euphoria liburan terkadang membuat Anda menjadi impulsive dan menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak penting. Untuk mengantisipasi hal ini, maka sebaiknya Anda tidak membawa uang tunai secara berlebihan. Aturlah anggaran pengeluaran liburan Anda sejak perencanaan liburan.

6. Mencatat pengeluaran selama liburan
Tips penting satu ini sering terlewat dan tidak disadari pentingnya. Selama berlibur, Anda dapat mencatat segala pengeluaran yang dilakukan. Hal ini dapat dijadikan sebagai bentuk kontrol diri supaya dapat menekan kembali angka pengeluaran apabila melebihi dana yang direncanakan.

7. Membeli oleh-oleh sewajarnya

Salah satu godaan terbesar ketika berlibur adalah membeli banyak oleh-oleh untuk dibawa pulang. Sudah bukan hal baru lagi kalau pada setiap tempat wisata akan ada oleh-oleh khas yang dijual. Oleh karena itu, ketika Anda ingin membeli oleh-oleh, selalu ingat untuk tidak membelinya secara berlebihan. Anda dapat menghitung terlebih dahulu berapa oleh-oleh yang dibutuhkan supaya tidak boros.

8. Menggunakan promo liburan

Tips selanjutnya untuk berlibur secara hemat adalah menggunakan promo liburan yang ada. Untuk mendapatkan promo ini, Anda dapat mencarinya di platform jasa perjalanan seperti Traveloka. Akan ada banyak promo menarik. Mulai dari promo tiket kereta, promo penginapan, sampai promo terkait penyewaan kendaraan untuk akomodasi.

9. Berlibur sesuai perencanaan

Supaya dapat berlibur dengan hemat tetap tetap menyenangkan, Anda harus melakukannya sesuai dengan perencanaan yang sudah dilakukan pada jauh hari sebelum keberangkatan. Segala rencana terkait tanggal, tiket keberangkatan, penginapan, sampai transportasi lainnya yang sudah ditetapkan di awal harus Anda lakukan.

Sebab, di awal Anda sudah merencanakannya dan menghitung dana yang dibutuhkan untuk melakukannya. Jika Anda melakukannya tidak sesuai rencana, maka kemungkinan dana yang Anda keluarkan akan berbeda. Oleh karena itu, tetaplah sesuai pada rencana dan menjalankannya dengan baik.

10. Mengutamakan kualitas, bukan kuantitas

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mengutamakan kualitas dari liburan, bukan kuantitasnya. Hal ini dilakukan supaya pekerjaan dan kegiatan liburan ini menjadi seimbang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berlibur hanya beberapa kali saja, jangan terlampau sering.

Apabila Anda adalah orang yang suka travelling, maka Anda harus memastikan bahwa kondisi finansial Anda tidak akan terganggu karena menjalankan hobi Anda ini. Sebab Anda akan kewalahan sendiri apabila berlibur mengakibatkan pengeluaran Anda menjadi bengkak.

Itulah 10 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan liburan yang hemat, tetapi tetap menyenangkan dan seru. Selain perencanaan tersebut, Anda juga harus mengetahui dengan jelas bagaimana biaya hidup yang harus dikeluarkan di kota tempat Anda ingin berlibur. Hal ini berguna untuk mempersiapkan segala dana yang dibutuhkan untuk berlibur. Mulai dari keberangkatan, selama disana, sampai untuk biaya pulang.

Lifestyle

Terkini

Baca tulis Alquran yang biasanya masuk dalam pendidikan Agama Islam, kini bakal masuk dalam kurikulum lokal Sekolah yang berada di Kabupaten Jember

News | 17:47 WIB

Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar di Kota Malang, Jawa Timur memastikan bahwa ruang perawatan untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19 masih tersedia

News | 17:29 WIB

Satu pasien kasus leptospirosis atau penyakit kencing tikus ditemukan di Kota Batu Jawa Timur ( Jatim ). Satu kasus ini muncul sejak Januari hingga November 2022.

News | 16:44 WIB

Nahas nian menimpa Dewi Shinta, seorang ibu hamil asal Probolinggo Jawa Timur ( Jatim ). Ia menjadi korban pohon tumbang di daerah setempat.

News | 15:14 WIB

Tingginya jumlah gamers dan jumlah pendapatan ini menjadi indikasi bahwa industri esports memiliki potensi yang cukup besar di Indonesia.

News | 15:00 WIB

Aksi begal sepeda motor terjadi di Kota Malang, Jawa Timur. Kali ini seorang perempuan menjadi korban usai membeli minuman di minimarket.

News | 14:33 WIB

Video penganiayaan yang dilakukan seorang pria kepada dua perempuan di Malang yang sempat viral beberapa waktu lalu akhirnya terungkap.

News | 16:15 WIB

Kabar terbaru terkait Covid-19 datang dari para petugas medis di Oxford Amerika Serikat. Ternyata, efek samping Covid-19 bisa membuat orang kejang-kejang dan epilepsi

News | 13:48 WIB

Ratusan Aremania mendatangi Kantor Pos Malang di Jalan Merdeka Selatan, Kota Malang, Kamis (17/11/2022).

News | 13:13 WIB

Sebanyak 50 Aremania bersama keluarga korban Tragedi Kanjuruhan berangkat ke Jakarta. Mereka berencana membuat laporan ke Bareskrim Polri.

News | 11:03 WIB

Kabar terkait update Tragedi Kanjuruhan Malang masih tetap ramai kemarin, Selasa (15/11/2022).

News | 08:17 WIB

Viral video penganiayaan pemuda ke cewek di Malang

News | 08:07 WIB

Keluarga korban Tragedi Kanjuruhan Malang masih terus menyuarakan tuntutan keadilan kepada kepolisian setempat atas tragedi yang menewaskan keluarga mereka.

News | 16:51 WIB

Seorang wisatawan mengeluh saat berwisata ke Taman Wisata Air Wendit di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

News | 12:54 WIB

Video mesum yang diduga diperankan oleh oleh siswi SMK di Sampang, Madura, Jawa Timur beredar di media sosial.

News | 09:38 WIB
Tampilkan lebih banyak