Pilihan Kelas Kereta Api Lengkap dengan Fasilitasnya

Kelas Bisnis misalnya, susunan tempat duduk di kereta api kelas ini yaitu 2~2.

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Senin, 12 September 2022 | 11:30 WIB
Pilihan Kelas Kereta Api Lengkap dengan Fasilitasnya
Ilustrasi kereta api (Pexels)

SuaraMalang.id - Kereta api menjadi salah satu transportasi pilihan bagi masyarakat yang ingin bepergian, terutama bepergian jarak jauh. Pergi naik kereta api dinilai lebih cepat dan juga lebih hemat. Selain itu, kereta api modern masa kini juga menawarkan pilihan kelas dan fasilitas yang nyaman bagi para penumpangnya.

Kereta api menawarkan beberapa pilihan kelas yang dapat dipilih oleh penumpang. Setiap kelas kereta tentunya memiliki fasilitas dan harga yang berbeda beda. Anda bisa pesan tiket kereta api di Traveloka yang pastinya lebih efisien dan juga proses pemesanan yang cepat tanpa harus antri.

Kelas Kereta Api Indonesia

Jenis kelas dari kereta api merupakan penggolongan jenis fasilitas, harga, maupun layanan yang akan Anda dapatkan selama di perjalanan. Sementara itu, sub kelas kereta api adalah pembagian zona tempat duduk yang ada di dalam kereta api tersebut.

Baca Juga:Traveloka Hadirkan Reward Zone, Cara Seru Dapat Hadiah Setiap Hari

Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan kelas kereta api di bawah ini sebelum memutuskan untuk memesan tiket kereta api. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1.    Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi merupakan kelas kereta api yang paling rendah dalam segi biaya. Kelas kereta api ini menawarkan harga tiket yang paling ekonomis dibanding semua jenis kelas kereta api lainnya. Sehingga, tak heran jika kelas ekonomi ini selalu diburu masyarakat saat memesan tiket kereta.

Perbedaan lainnya yaitu dari susunan tempat duduknya. Formasi kelas ekonomi yaitu berhadapan 2~3 atau 3~3, hal ini tergantung dari kereta yang Anda naiki. Sementara itu, pada sandaran kursinya, Anda harus selalu duduk tegak, karena kursi yang di kelas ekonomi ini permanen dan tidak bisa diatur sandarannya.

Walaupun begitu, saat ini PT KAI telah meluncurkan kereta ekonomi premium, yang mana pada kelas ekonomi ini Anda tidak lagi harus duduk berhadapan dengan orang lain. Selain itu, juga menawarkan fasilitas reclining seat, yaitu Anda dapat mengatur kemiringan kursi dan memiliki susunan 2~2.

Baca Juga:Jalin Mitra dengan FWD Insurance, Pengguna Traveloka Kini Dijamin Proteksi Jiwa

Di dalam kereta api kelas ekonomi juga terdapat AC untuk mendinginkan udara, namun penumpang tidak diperkenankan untuk merokok. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fasilitas meja kecil di bawah jendela, colokan listrik, dan juga fasilitas makan, bantal dan selimut dengan biaya tambahan.

2.    Kelas Bisnis

Selanjutnya ada kelas bisnis. Kereta api di kelas bisnis ini memiliki harga yang berbeda dengan kelas ekonomi. Tetapi jika dibandingkan dengan kelas eksekutif, jenis kelas bisnis ini lebih terjangkau. Susunan tempat duduk di kereta api kelas ini yaitu 2~2 dan Anda tidak bisa mengatur kemiringan kursi.

Walaupun begitu, ruang kaki untuk kelas bisnis ini masih lebih lebar jika dibandingkan dengan kelas ekonomi. Di kelas bisnis, Anda tetap bisa merasakan ruangan yang dingin karena ada AC, dan juga tersedia colokan listrik, bantal, dan selimut.

Untuk durasi perjalanan, kelas bisnis ini cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan kelas ekonomi. Tetapi jika dibandingkan dengan kelas eksekutif, durasi perjalanan pada rute yang sama tidak secepat kelas eksekutif.

3.    Kelas Eksekutif

Terakhir, ada kereta api kelas eksekutif. Jika Anda akan bepergian jarak jauh dengan waktu tempuh yang lama, sebaiknya lebih memilih kereta api di kelas eksekutif. Mengapa? Hal ini karena kelas eksekutif menawarkan layanan dan fasilitas yang lebih premium jika dibandingkan dengan kelas lainnya.

Selain itu, di kelas eksekutif juga memberikan kenyamanan yang lebih baik. Karena pasalnya saat melakukan perjalanan jarak jauh yang menempuh waktu lama, tentu Anda ingin merasa nyaman saat di perjalanan. Dan kelas eksekutif inilah pilihannya, meskipun harga tiketnya sedikit lebih mahal dibanding kelas bisnis atau ekonomi.

Di kereta api kelas eksekutif, Anda bisa mendapatkan tempat duduk yang nyaman dan mengatur kemiringan kursi. Lalu, pijakan kaki juga lebih luas, serta tersedia fasilitas selimut dan bantal.

Di kelas eksekutif juga Anda tetap bisa merasakan ruangan ber AC, apalagi saat malam, Anda harus menggunakan selimut agar tidak kedinginan. Anda juga tentunya akan mendapatkan fasilitas colokan listrik yang bisa digunakan untuk mengisi daya handphone, laptop, atau power bank.

Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka

Setelah mengetahui informasi di atas, kini Anda sudah bisa bepergian naik kereta api dengan memilih kelas kereta yang Anda sukai. Untuk memesan tiket kereta api, Anda bisa melakukannya secara online melalui situs atau aplikasi Traveloka.

Di Traveloka, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dalam pemesanan kereta api atau transportasi lainnya. Mulai dari proses pemesanan yang cepat dan mudah, berbagai pilihan metode pembayaran, bisa pilih jadwal keberangkatan, bisa pilih kursi penumpang, mendapatkan voucher potongan harga, atau promo promo menarik lainnya di Traveloka yang pastinya akan memberikan keuntungan untuk Anda yang berlimpah.

Lifestyle

Terkini

bocah yang ditemukan di Sungai Ngotok, Jombang diduga korban pembunuhan

News | 18:46 WIB

angka pengangguran terbuka di Kota Malang pada 2021 lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

News | 17:29 WIB

Dia mencontohkan salah satu kawasan di kota Batu yang sukses melakukan budi daya tanaman anggrek.

News | 16:39 WIB

Sebanyak 4 korban tewas dalam kecelakaan truk tangki pengangkut BBM di simpang tiga Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, bakal mendapatkan santunan

News | 15:46 WIB

Baru-baru ini beredar rekaman CCTV aksi dua wanita mencuri kalung di sebuah toko emas di kawasan Jalan Panglima Sudirman Kompleks Pasar Baru Kota Probolinggo Jatim.

News | 15:32 WIB

"Saya tidak percaya saya tidak digaji untuk ini," kata Meghan, berdasarkan buku tersebut.

News | 14:31 WIB

tabloid berisi prestasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebar di sejumlah masjid di Malang

News | 14:11 WIB

Khofifah menyebut, sebagai upaya pencegahan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan, hal paling krusial yang harus dipahami sekolah adalah bentuk kekerasan serta dampaknya.

News | 11:55 WIB

Empat orang tewas dalam kecelakaan maut sebuah truk tangki BBM di simpang tiga lampu merah Sukowidi Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro Banyuwangi.

News | 11:00 WIB

Palet warna yang dipakai terdiri dari hitam, putih, perak berkilau dengan sentuhan motif leopard.

News | 10:36 WIB

Kecelakaan beruntun lima kendaraan di Tol Malang - Pandaan ternyata menewaskan satu orang. Kecelakaan ini terjadi di kilometer 76 di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

News | 10:16 WIB

Malang nian dialami Dinda Afifahsari (21), warga Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Ia tewas dalam kecelakaan tungal di Jalan Malang-Surabaya, Minggu (25/09/2022).

News | 09:30 WIB

Masyarakat perlu cukup beristirahat, rutin berolahraga, dan memastikan mengelola stres dengan baik.

News | 09:28 WIB

Lima kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di ruas Jalan Tol Malang-Pandaan KM-77, Minggu (25/9/2022) petang.

News | 08:59 WIB
Tampilkan lebih banyak