facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Raja-raja Nusantara dan Dunia akan Berkumpul di Bali

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 05 Juli 2022 | 22:47 WIB

Raja-raja Nusantara dan Dunia akan Berkumpul di Bali
Ilustrasi mahkota raja. [Grigory_bruev/Envato Elements]

Raja seluruh Indonesia dan dunia akan berkumpul di Bali, pada Agustus 2022. Pertemuan tersebut diinisiasi Masyarakat Adat Nusantara (Matra).

SuaraMalang.id - Raja seluruh Indonesia dan dunia akan berkumpul di Bali, pada Agustus 2022. Pertemuan tersebut diinisiasi Masyarakat Adat Nusantara (Matra).

Di Denpasar, Selasa (5/7/2022), Ketua DPP Matra Mangku Alam II menyampaikan kepada Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati bahwa pihaknya akan mengadakan festival adat dan budaya nusantara.

Pada momentum itu juga, sekaligus digelar pelantikan Ketua DPP baru Andi Bau Malik Baramamase Tatukajanangan dari Kerajaan Gowa.

Festival tersebut akan dilaksanakan dari 16 Agustus hingga 20 Agustus 2022. Peserta petermuan akbar itu dari total 206 kerajaan di seluruh Indonesia dan 30 kerajaan dunia.

Baca Juga: Draft Jadwal Liga 1 2022/2023: Juara Bertahan Bali United Tantang Persija di Partai Pembuka

"Kerajaan mancanegara yang akan hadir antara lain dari Hawaii, Laos, Spanyol, Uganda, Gana, Kongo, Suriah dan Lebanon," kata Mangku Alam II di hadapan Wakil Gubernur Bali Cok Ace.

Ketua DPP Matra tersebut menjelaskan bahwa Matra telah dibentuk sejak 2016 silam, dengan tujuan melestarikan dan menguatkan adat dan budaya yang tumbuh di nusantara.

Atas niat tersebut, pihaknya ingin menggelar kegiatan berkelanjutan dengan akhirnya terpilih rencana pelaksanaan festival adat dan budaya pertama kalinya di Pulau Dewata tepatnya Puri Klungkung.

"Selain berkaitan dengan misi organisasi, kegiatan ini merupakan wujud sumbangsih Matra dalam mendukung pemulihan Bali yang terpuruk karena pandemi COVID-19," katanya di Denpasar.

Dari tujuan tersebut, Wakil Gubernur yang akrab disapa Cok Ace merasa senang dan mengapresiasi niat baik Matra dengan memilih Bali sebagai lokasi berkumpulnya raja-raja nusantara dan mancanegara.

Baca Juga: Warung Soto Ayam Kampung Legendaris di Jembrana, Hanya 3-4 Jam Langsung Ludes

Selain sebagai lokasi pelantikan pengurus baru dan rangkaian festival adat dan budaya nusantara, Cok Ace menilai kegiatan ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi Bali dalam penguatan adat dan budaya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait