facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengenal Eco Enzyme, Olahan Buah dan Sayur Buat Atasi Kematian Ternak Akibat Wabah PMK

Muhammad Taufiq Kamis, 09 Juni 2022 | 17:12 WIB

Mengenal Eco Enzyme, Olahan Buah dan Sayur Buat Atasi Kematian Ternak Akibat Wabah PMK
Ilustrasi sapi dengan keroncong lonceng (shutterstock)

Para peternak di Kota Batu Jawa Timur mendapat bantuan distribusi eco enzyme bagi ternak-ternak yang terserang virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

SuaraMalang.id - Para peternak di Kota Batu Jawa Timur mendapat bantuan distribusi eco enzyme bagi ternak-ternak yang terserang virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Penggunaan eco enzyme pada hewan ternak yang terpapar PMK tersebut diharapkan bisa meminimalisasi risiko kematian hewan. Demikian disampaikan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

"Mudah-mudahan bisa untuk mengatasi PMK, paling tidak agar tidak ada hewan ternak yang mati," kata Dewanti, Kamis (09/06/2022).

Sebagai informasi, eco enzyme merupakan hasil olahan kulit buah dan sayuran yang dipadukan dengan air dan tetes tebu. Setelah melalui proses fermentasi selama tiga bulan, hasil olahan tersebut menghasilkan eco enzyme atau cairan yang bermanfaat.

Baca Juga: 3 Juta Vaksin Disiapkan Buat Atasi Wabah PMK di Kabupaten Malang

Dewanti menjelaskan, memang belum ada penelitian detail di Indonesia terkait penggunaan eco enzyme untuk menyembuhkan hewan ternak yang terpapar PMK. Namun, sejumlah peternak telah menggunakan eco enzym tersebut.

Menurut dia, sejumlah peternak yang menggunakan eco enzyme untuk menyembuhkan hewan ternak yang terpapar PMK, menyatakan berhasil. Hewan-hewan ternak tersebut dilaporkan sembuh setelah menggunakan eco enzyme.

"Dari beberapa pengalaman, ternyata eco enzyme bisa membantu percepatan penyembuhan hewan ternak yang mengalami PMK," katanya.

Dewanti menambahkan, pendistribusian eco enzyme kepada para peternak tersebut tidak dilakukan secara formal oleh Dinas Pertanian Kota Batu. Hal itu dikarenakan penggunaan eco enzyme untuk penanganan PMK belum dilakukan penelitian di Indonesia.

"Ini didistribusikan ke peternak meskipun tidak secara formal, namun karena ada sejumlah pengalaman dari peternak dan banyak yang berhasil," ujarnya.

Baca Juga: Pahit Manis Keberagaman di Mata Seorang Anak

Dalam waktu dekat, lanjutnya, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup akan melakukan penelitian terkait kegunaan eco enzyme, khususnya untuk mengatasi wabah PMK yang menyebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait