facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wasiat Buya Syafii Maarif Minta Dikuburkan di Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah

Muhammad Taufiq Jum'at, 27 Mei 2022 | 15:59 WIB

Wasiat Buya Syafii Maarif Minta Dikuburkan di Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah
Romo Paroki Gereja Katholik Kumetiran Yohanes Dwi Harsanto (kedua kanan) mendoakan almarhum Buya Ahmad Syafii Maarif saat prosesi penyemayaman di Masjid Gede Kauman, Yogyakarta, Jumat (27/5/2022). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah H Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia di Yogyakarta, Jumat (27/05/2022).

SuaraMalang.id - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah H Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia di Yogyakarta, Jumat (27/05/2022).

Salah satu wasiat Buya Syafii sebelum meninggal meminta dimakamkan di Makam Husnul Khotimah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seperti disampaikan Wakil Ketua Pelayanan Rukti Jenazah Makam, Umar Said Prawoto, Buya Syafii sebelum meninggal meminta dimakamkan di tempat pemakaman tersebut.

Ia menjelaskan, alasan Buya Syafii meminta dimakamkan di sana karena Makam Tokoh Muhammadiyah di Karangkajen telah penuh.

Baca Juga: Masyarakat dan Tokoh di Sumsel Doakan Buya Syafii Maarif: Beliau Teladan dan Guru Bangsa

"Saat beliau pertama kali dirawat dan dibolehkan pulang, beliau menyampaikan kepada kami apakah bisa menjadi anggota Pelayanan Rukti Jenazah Makam Taman Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah," kata Umar Said Prawoto.

Ia mengatakan dirinya saat memperlihatkan lokasi makam, Buya Syafii sangat tertarik dan berkeinginan dimakamkan di Taman Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah di Desa Donomulyo, Kecamatan Nanggulan ini.

Prawoto mengatakan makam ini baru diresmikan menjelang Ramadan 2020. Nantinya makam almarhum mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah H. Ahmad Syafii Maarif akan ditempatkan di lokasi paling atas atau lokasi yang khusus diperuntukkan bagi Tokoh Muhammadiyah.

"Makam Karangkajen yang juga untuk memakamkan Tokoh Muhammadiyah sudah penuh, jadi beliau ingin agar dimakamkan di sini (Taman Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah) saja," katanya.

Penjaga Taman Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah Arifin mengatakan makam ini merupakan tempat pemakaman anggota Muhammadiyah. Makam ini berdiri sejak 2 tahun silam dengan luas area pemakaman satu hektare dan sudah terisi 25 makam.

Baca Juga: Berkemeja Putih, Jokowi Langsung Terbang ke Yogyakarta untuk Takziah Wafatnya Buya Syafii Maarif

"Untuk saat ini ada 25 makam yang terisi, ditambah Buya Syafii dimakamkan di sini jadi nanti total 26 makam," kata Arifin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait