facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bayi Diduga Terjangkit Hepatitis Akut, Begini Penjelasan Dinkes Kabupaten Probolinggo

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 17 Mei 2022 | 23:25 WIB

Bayi Diduga Terjangkit Hepatitis Akut, Begini Penjelasan Dinkes Kabupaten Probolinggo
Ilustrasi Hepatitis akut misterius. (Pixabay)

Bayi tersebut sempat berstatus suspek hepatitis akut, lantaran gejala dideritanya mirip.

SuaraMalang.id - Bayi berusia 6 bulan di Kabupaten Probolinggo diduga terjangkit Hepatitis Akut Misterius. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, penyakit yang diderita bukan hepatitis.

Bayi tersebut sempat berstatus suspek hepatitis akut, lantaran gejala dideritanya mirip.

"Bocah itu sempat kami duga suspek, karena gejala yang dialaminya persis seperti hepatitis akut yang kami maksud," ungkap Epidemiologi Ahli Muda pada Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengutip dari Timesindonesia.co.id, Selasa (17/5/2022).

Bayi asal Kecamatan Wonomerto itu bergejala batuk, kulit berwarna kuning dan sebagainya. Gejala yang dimaksud mirip dengan penyakit yang sedang menghebohkan beberapa negara di dunia.

Baca Juga: Diduga Hepatitis Misterius, Bayi di Sumut Meninggal Dunia Setelah Sepekan Dirawat

Namun setelah digelar observasi lebih lanjut, gejala kulit berwarna kuning itu ternyata bawaan lahir. Sifat kelainan itu pun diyakini bukan menjadi salah satu gejala yang dimaksud.

"Bocah itu dirawat di Rumah Sakit dr. Saleh Kota Probolinggo. Pihak keluarga memilih merawat disana, meski wilayahnya masuk Kabupaten Probolinggo. Namun, kami tetap berusaha untuk mencari informasi,"  jelasnya.

Hasil observasi itu pun, pihaknya berkesimpulan bahwa penyakit hepatitis akut di Kabupaten Probolinggo, nihil kasus. Ia pun tetap berharap pada seluruh puskesmas untuk terus bersiap. Masyarakat pun diminta untuk lebih komunikatif bila ada gejala yang dimaksud.

"Kalau masyarakat menemukan gejala hepatitis akut, segera menyampaikan pada kami. Agar bisa segera tertangani. Sementara Kabupaten Probolinggo nihil kasus. Semoga seterusnya," ungkap wanita berkacamata itu.

Baca Juga: Geger Virus Hendra, Virus yang Diduga dari Kelelawar dan Sebabkan Korban Meninggal Dunia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait