facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tari Seblang, Ritual Menari Selama Tujuh Hari di Banyuwangi

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 10 Mei 2022 | 17:00 WIB

Tari Seblang, Ritual Menari Selama Tujuh Hari di Banyuwangi
Penari Seblang tak sadarkan diri saat melakukan tarian, Banyuwangi, Jawa Timur. [Foto : Rizki Alfian/ TIMESIndonesia]

Tarian ini juga melibatkan kegiatan mistis karena si penari akan dirasuki roh halus agar bisa menari.

SuaraMalang.id - Masyarakat Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi menggelar Tari Seblang. Ritual sakral desa setempat bertujuan meminta keselamatan.

Tradisi ini bukan sekadar menari. Seorang perempuan yang telah terpilih oleh tokoh adat setempat. Penari terpilih ini akan menari selama tujuh hari berturut-turut. Ritual ini digelar untuk mengusir pagebluk di desa setempat.

Tari seblang bukan sekadar menari. Sebab penari yang mengikuti irama gamelan dan gending-gending Osing dalam kondisi kerasukan roh leluhur warga desa setempat. Menariknya lagi, selama menari itu pula, mata sang penari terpejam.

Adapun pemilihan penari ditentukan secara supranatural oleh tetua adat setempat yang masih memiliki hubungan darah dengan leluhur seblang terdahulu.

Baca Juga: Heboh, Peristiwa Janggal Terjadi Saat Warga Lebak Nonton Film KKN di Desa Penari, Layar Bioskop Mendadak Mati

Tarian ini juga melibatkan kegiatan mistis karena si penari akan dirasuki roh halus agar bisa menari. Seorang pawang akan mengasapi penari seblang dengan dupa sambil mengucapkan mantera tertentu.

Pembacaan mantera bertujuan agar roh leluhur masuk ke dalam tubuh si penari, sehingga dapat menari dengan mata terpejam mengikuti arahan si pawang dan irama gending.

Kepala Desa Olehsari, Joko Mukhlis mengaku bersyukur pelaksanaan ritual tahun ini berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun. 

"Kami semua gembira, karena kita bisa menggelar penuh tradisi pada tahun ini. Sudah dua tahun sejak pandemi COVID-19, tradisi Seblang tidak bisa dilaksanakan dengan maksimal. Ritual yang dilakukan terbatas saja," jelas Joko.

Selain itu, menurut dia, pelaksanaan kali ini berjalan dengan lancar. Proses masuknya roh leluhur pada penari juga bisa dilakukan dengan satu kali pelaksanaan saja.

Baca Juga: Siapa Badarawuhi? Karakter Hantu Cantik di Film KKN Desa Penari yang Diperankan Aulia Sarah

“Alhamdulillah tanpa ada halangan. Satu kali saja Seblangnya jadi, sehingga ritual bisa langsung dilaksanakan," imbuh Ansori (58) Ketua Paguyuban Adat Seblang Desa Olehsari. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait