facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ibu Hamil Harus Tahu Nih Pentingnya Yodium Bagi Kecerdasan dan Perkembangan Saraf Bayi

Muhammad Taufiq Selasa, 25 Januari 2022 | 19:00 WIB

Ibu Hamil Harus Tahu Nih Pentingnya Yodium Bagi Kecerdasan dan Perkembangan Saraf Bayi
Ilustrasi garam. (Pixabay.com/Bruno /Germany)

Asupan nutrisi maksimal sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin. Oleh sebab itu bagi ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi makanan bernutrisi.

SuaraMalang.id - Asupan nutrisi maksimal sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin. Oleh sebab itu bagi ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Salah satu nutrisi penting bagi perkembangan bayi adalah yodium. Menurut dokter spesialis gizi klinik Diana F. Suganda, nutrisi mikro yodium ini, meskipun kebutuhannya sangat sedikit tapi tetap penting bagi bayi.

Diana menjelaskan, yodium adalah mineral yang berhubungan dengan hormon tiroid yang mempengaruhi proses dan perkembangan janin.

Asupan yodium yang cukup dapat menentukan perkembangan sang buah hati, termasuk perkembangan saraf dan kecerdasan anak.

Baca Juga: Viral Ibu Hamil Minta Bantuan Warganet, Ngidam Naik Mobil Tapi Harus Merek dan Warna Ini

"Yodium merupakan salah satu mineral yang kita butuh hanya sedikit tapi perannya sangat amat penting," katanya dalam webinar, Selasa (25/01/2022).

Ia menjelaskan, orang dewasa membutuhkan 150 mikrogram yodium per hari, sementara perempuan yang sedang hamil butuh lebih banyak, yakni 220 mikrogram per hari. Pada perempuan yang menyusui, kebutuhan yodium mencapai 250 mikrogram per hari.

Meski jumlahnya sedikit, nutrisi mikro tak kalah pentingnya dengan nutrisi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak. Bila ada yang tak lengkap, perkembangan janin dapat terganggu.

"Jika anak yang dikandung dan ibu kurang asupan, pertumbuhan bisa berkurang. (Misalnya) semestinya potensi tubuhnya lebih tinggi, tingginya jadi kurang, bisa stunting bahkan bisa terjadi kretinisme," jelas Diana.

Dia menjelaskan, intervensi nutrisi sangat penting untuk perkembangan anak dan ini bisa dimulai sebelum ibu merencanakan kehamilan.

Baca Juga: Nadzira Shafa Akui Keguguran Setelah Ameer Azzikra Meninggal : Kehilangan Sekaligus Memang Sulit

Dia mengingatkan untuk para calon ayah dan ibu untuk mengatur asupan gizi sebelum menjadi orang tua demi kebaikan buah hati di masa depan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait