facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Buat yang Lagi Diet, Ingat Diet Sehat Tak Melulu Soal Turunnya Berat Badan

Muhammad Taufiq Selasa, 14 Desember 2021 | 15:44 WIB

Buat yang Lagi Diet, Ingat Diet Sehat Tak Melulu Soal Turunnya Berat Badan
Ilustrasi diet

Informasi penting bagi kalian yang sekarang lagi diet. Ternyata diet sehat itu tidak melulu soal turunnya berat badan.

SuaraMalang.id - Informasi penting bagi kalian yang sekarang lagi diet. Ternyata diet sehat itu tidak melulu soal turunnya berat badan.

Hal ini disampaikan Dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia Cut Hafiah. Ia mengatakan diet tidak semata-mata soal jumlah atau nilai. Lebih dari itu.

Menurut dia, diet sehat itu mengubah pola semuanya, mulai dari pola makan yang semula mengonsumsi camilan berlebihan menjadi lebih terarah dan makan lebih teratur. Kemudian dari yang semula terlalu sering sendeter atau banyak duduk menjadi mulai bergerak misalnya berolahraga rutin.

"Diet bukan semata-mata jumlah atau nilai. Bukan dari berapa banyak tetapi bagaimana mengubah semuanya (pola hidup)," ujarnya seperti dikutip dari ANTARA, Selasa (14/12/2021).

Baca Juga: Bobotnya Sempat Tembus 87 Kg, Ini Tips Menurunkan Berat Badan ala Vicky Shu

Pada akhirnya, penurunan berat badan yang memang ingin dicapai seseorang dari upaya diet mencakup perubahan gaya hidup menjadi sehat.

"Penurunan berat badan sukses bukan sebanyak-banyaknya tetapi mengubah gaya hidup yang tadinya sedentary lifestyle sekarang berolahraga terus, yang tadinya snacking berlebihan sekarang lebih terarah," kata Hafiah.

Di sisi lain, upaya diet sehat juga mencakup menerapkan pola tidur tepat waktu demi menjaga metabolisme tetap baik, seperti yang dilakukan penyanyi Reza Artamevia.

Berawal dari kebiasaan mengemil, stres akibat terbatasnya aktivitas dan ruang gerak, berat badan pun Reza naik hingga 73,4 kg. Dia lalu termotivasi untuk hidup lebih sehat dengan konsisten mengikuti program diet sehat. Setelah mengikuti diet, dia bisa menurunkan berat badannya dalam dua pekan.

"Diet bukan semata defisit kalori. Jadi, perbaiki pola hidup misalnya makan teratur, makan lebih sehat, dibantu treatment-treatment seperti obat dan tindakan, serta olahraga," tutur Hafiah.

Baca Juga: Kurang dari 3 Bulan Turun 14 Kg, Ini Rahasia Diet Cynthia Lamusu

Dia mengatakan, saat ini masih banyak orang yang mengeluh bertambahnya berat badan karena kebiasaan tidak sehat yang dikembangkan. Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan menerapkan disiplin dalam mengatur pola makan yang sehat dengan gizi seimbang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait