alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kapolda Jatim Berharap Tidak Ada Lagi Bentrok Antar Perguruan Silat

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 29 November 2021 | 21:26 WIB

Kapolda Jatim Berharap Tidak Ada Lagi Bentrok Antar Perguruan Silat
Kapolda Jatim Irjen Polisi Nico Afinta (kanan) saat memberikan hadiah kepada pemenang turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim 2021, Senin (29/11/2021). [ANTARA Jatim/HO-Bidhumas Polda Jatim/WI]

Hal itu diungkap Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta saat menutup turnamen pencak silat remaja.

SuaraMalang.id - Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta menutup gelaran Turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim 2021. Momentum itu, Irjen Pol Nico berharap tidak ada lagi konflik perguruan silat di wilayah Jatim.

"Karena tujuan diselenggarakannya Turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim 2021 ini adalah untuk meminimalisasi terjadinya konflik antarperguruan silat dan mencari pesilat-pesilat muda yang berprestasi," katanya di Gedung Mahameru, Mapolda Jatim, Surabaya, mengutip dari Antara, Senin (29/11/2021). 

Turnamen pencak silat, lanjut dia, akan terus diselenggarakan setiap tahun. Polda Jatim juga akan berkoordinasi dengan polres jajaran untuk melaksanakan pertandingan serupa. 

"Ke depan kami akan selalu berkoordinasi untuk dapat melaksanakan setiap tahun kejuaraan ini. Bahkan, nanti di kabupaten/kota, saya minta para kapolres berkoordinasi untuk dapat melaksanakan pertandingan serupa," katanya. 

Baca Juga: Barbarnya Pendekar Silat di Gresik Diduga Terkait Aksi Ribuan Pendekar PSHT di Mojokerto

Banyaknya turnamen, Nico berharap para pesilat remaja berbakat dan bertalenta bisa ikut bertanding. Namun paling utama adalah bertanding dengan menjunjung sikap ksatria, sportif dan jujur. 

Nico menambahkan, turnamen ini diharapkan dapat menumbuhkan bibit-bibit pesilat berprestasi, khususnya untuk Jawa Timur maupun Indonesia. 

"Kami juga membuka kesempatan untuk dapat ikut mendaftar sebagai anggota Polri dan kami akan usulkan ke Mabes Polri, apabila dari atlet-atlet ini ada yang berminat untuk menjadi polisi di jalur prestasi," ucapnya. 

Sebanyak 2.004 peserta dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur mendaftarkan diri pada turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim 2021 ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 291 peserta yang lolos seleksi dan terpilih. 

Pada kesempatan tersebut, Irjen Nico juga berterima kasih kepada seluruh peserta dari 38 kabupaten/kot yang mengikuti turnamen ini, termasuk dukungan dari Dispora Jatim, KONI dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Baca Juga: Pendekar Berulah Anarkis di Gresik, Lima Orang Diamankan Polisi

Sumber: Antara

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait