alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Makanan Alternatif Ini Cocok Buat Kalian Penderita Maag

Muhammad Taufiq Minggu, 26 September 2021 | 10:38 WIB

Makanan Alternatif Ini Cocok Buat Kalian Penderita Maag
Ilustrasi sakit perut. (Shutterstock)

Menjaga pola makan dengan teratur bisa menjadi salah satu cara bagus bagi pada penderita maag.

SuaraMalang.id - Menjaga pola makan dengan teratur bisa menjadi salah satu cara bagus bagi pada penderita maag. Sebab bila dibiarkan terus menerus, maag bisa menyebabkan penderitanya terkena GERD.

Ada sebuah penelitian, sarapan yang bagus adalah sebelum jam sembilan pagi. Yang tak kalah penting, makan di jam tersebut akan menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit. Sementara makan di atas jam tersebut tidak dikategorikan sebagai sarapan.

Bagi kalian yang menderita sakit maag ada jenis sarapan khusus yang bisa dilakukan agar rasa sakitnya tidak kambuh kembali. Berikut ini contoh makanannya seperti dikutip dari berbagai sumber:

Wedang Jahe

Baca Juga: Yakin Sedang Sehat? Ketahui Kondisimu dari Warna Feses!

Jahe memang salah satu olahan obat alternatif bagi beragam jenis penyakit, termasuk maag. Jahe yang mengandung gingerol dipercaya baik untuk metabolisme tubuh dan peredaran darah. Caranya hampir sama dengan lemon hangat, namun jahe yang sudah dikupas dan dicuci bersih dapat dicampurkan dengan teh hangat. Untuk hasil lebih baik, dianjurkan untuk tidak menambahkan gula.

Gandum

Gandum berfungsi melemaskan bagian bawah pada esophagus yang merupakan saluran pencernaan sebelum lambung. Hal ini bertujuan agar saluran penghubung esophagus dapat tertutup sempurna hingga mencegah cairan lambung naik ke atas atau gerd.

Jeruk Nipis

Siapa menyangka bahwa jeruk lemon memiliki kandungan yang baik untuk penderita maag, jika dibandingkan dengan buah sejenisnya, seperti buah jeruk dan jeruk nipis. Lemon dipercaya dapat mengatasi asam lambung atau penyakit maag. Cara mengkonsumsinya ialah dengan cara mencampurkan perasan lemon yang tidak perlu terlalu banyak ke dalam air hangat. Lemon hangat ini dianjurkan untuk diminum ketika perut dalam kondisi masih kosong.

Baca Juga: Dokter Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Air Tajin untuk Redakan Dispepsia Akibat Sakit Maag

Buah nanas, pepaya, dan pisang

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait