alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masyarakat Pesisir Diminta Waspadai Potensi Gelombang Tinggi Laut Selatan

Muhammad Taufiq Minggu, 26 September 2021 | 09:34 WIB

Masyarakat Pesisir Diminta Waspadai Potensi Gelombang Tinggi Laut Selatan
Gelombang laut melewati batu pemecah ombak sehingga menghantam daratan pesisir pantai wisata Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (27/5/20210). ANTARA FOTO/Rahmad

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan potensi gelombang tinggi 2,5 - 4 meter di sejumlah perairan.

SuaraMalang.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan potensi gelombang tinggi 2,5 - 4 meter di sejumlah perairan.

BMKG misalnya, memperingatkan gelombang yang bisa mencapai 4 meter ini di Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, lalu Perairan Barat Lampung.

Peringatan tersebut juga berlaku untuk area Samudra Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda Bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Lombok, Samudra Hindia Selatan Banten hingga Nusa Tenggara Barat.

Bidang pelayaran dan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diharapkan mewaspadai peringatan tersebut.

Baca Juga: Akhir Pekan, Awas Hujan Deras Disertai Kilat dan Angin Berpotensi Guyur Riau

Adapun untuk kabar cuaca, BMKG juga memperingatkan potensi hujan deras disertai petir dan angin di sejumlah wilayah, mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu dan Jambi. Kemudian Sumatera Selatan dan Lampung.

Di Pulau Jawa, cuaca serupa juga berpotensi terjadi mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, dan Papua.

Potensi hujan disertai angin dan kilat juga diprediksi melanda DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Barat. ANTARA

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait