alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dua Dusun di Kabupaten Situbondo Dilanda Kekeringan

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 31 Agustus 2021 | 06:05 WIB

Dua Dusun di Kabupaten Situbondo Dilanda Kekeringan
Ilustrasi kekeringan akibat kemarau. [Pixabay]

Berdasaran informasi tersebut, BPBD Kabupaten Situbondo bakal melakukan survei lokasi, pada Selasa (31/8). Tujuannya untuk memastikan kondisi riil di lapangan.

SuaraMalang.id - Dua dusun di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur dilanda kekeringan. Merespon itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai menyiapkan pendistribusian air bersih ke wilayah terdampak musim kemarau tersebut.

"Setelah kami memperoleh informasi adanya kekurangan air bersih di Dusun Polai dan Dusun Bendusa, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, kami mulai menyiapkan pendistribusian. Besok juga kami minta petunjuk pak bupati," ujar Kepala Pelaksana BPBD Situbondo Zainul Arifin dikonfirmasi di Situbondo, mengutip dari Antara, Senin (30/8/2021).

Berdasaran informasi tersebut, lanjut dia, petugas BPBD bakal melakukan survei lokasi, pada Selasa (31/8). Tujuannya untuk memastikan kondisi riil di lapangan.

"Oleh karena itu, besok petugas kami akan survei ke lokasi. Tentunya kami akan mendistribusikan air yang menjadi kebutuhan masyarakat, termasuk survei ke wilayah terdampak kekeringan lainnya," katanya.

Baca Juga: Agustus Ini, Desa-desa Mulai Kekeringan

Dijelaskannya, Dusun Polai dan Dusun Bendusa merupakan wilayah pegunungan yang memang selalu terdampak kekeringan setiap tahunnya, terutama saat musim kemarau.

Zainul mengatakan petugas BPBD setempat melakukan survei di sejumlah desa yang selama ini menjadi terdampak kekeringan, yang mengakibatkan warga kekurangan air bersih yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

"Jadi, kami akan jemput bola dengan melakukan survei lokasi. Biasanya desa melaporkan kepada kami melalui camat masing-masing, tapi sampai saat ini belum ada laporan dari desa terkait dengan kekurangan air bersih," tuturnya. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait