alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

IGD RSUD dr Moch Saleh Probolinggo Tidak Menerima Pasien Akibat Stok Oksigen Menipis

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Minggu, 25 Juli 2021 | 19:00 WIB

IGD RSUD dr Moch Saleh Probolinggo Tidak Menerima Pasien Akibat Stok Oksigen Menipis
ilustrasi Oksigen -IGD RSUD dr Moch Saleh Probolinggo Tidak Menerima Pasien Akibat Stok Oksigen Menipis. (Elements Envanto)

IGD RSUD dr Moch Saleh Kota Probolinggo terpaksa tidak menerima pasien baru. Lantaran stok atau persediaan oksigen menipis.

SuaraMalang.id - IGD RSUD dr Moch Saleh Kota Probolinggo terpaksa tidak menerima pasien baru. Lantaran stok atau persediaan oksigen menipis.

Melansir timesindonesia.co.id -- jejaring media suara.com, pihak rumah sakit mengumumkan tidak menerima pasien baru melalui poster yang tersebar di platform percakapan dan media sosial lainnya.

“SEHUBUNGAN DENGAN MENIPISNYA PERSEDIAAN OKSIGEN MAKA UNTUK SEMENTARA WAKTU IGD UOBK RSUD DR. MOHAMMAD SALEH KOTA PROBOLINGGO TIDAK MENERIMA PASIEN BARU. MOHON MAAF DAN TERIMA KASIH. TTD PLT. DIREKTUR.” tulis pengumuman tersebutu.

Kabar tersebut dibenarkan pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, Setiorini Sayekti.

Baca Juga: Beringas! Warga Jember Rebut Jenazah dan Hancurkan Ambulans, Dipicu Hoaks Jual Beli Organ

“Per pagi ini menipis. Hanya 110 tabung 6 m3, harusnya minimal 200 tabung dalam sehari,” ujarnya, Minggu (25/7/2021).

Dijelaskannya, ada beberapa faktor yang menyebabkan stok oksigen medis nyaris habis. Pertama, kenaikan jumlah pasien yang membutuhkan terapi oksigen. Kemudian, telatnya pengiriman pasokan liquid oksigen depo pengisian ulang setempat.

Mengatasi hal itu lanjut dia, Dinkes Kota Probolinggo berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

“Jadi sambil menunggu datang, kami sudah kontak ke produsen lain di Pasuruan, Gresik, dan Surabaya. Tapi posisi memang kosong semua,” ujarnya.

“Begitu ada kabar, kami langsung berangkat,” imbuhnya.

Baca Juga: Lowongan Relawan Nakes di Jember Sepi Peminat, Rumah Sakit Kewalahan Hadapi Covid-19

Antisipasi kondisi serupa, Dinkes Kota Probolinggo juga sudah tempuh langkah lain. Salah satunya memesan O2 Konsentrator Portable. Minggu ini dijadwalkan datang enam unit. Satu unit alat itu, bisa menyuplai oksigen untuk satu sampai dua orang pasien.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait