alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

IDI Bondowoso Beri Layanan Konsultasi Gratis untuk Pasien Isolasi Mandiri

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 19 Juli 2021 | 06:00 WIB

IDI Bondowoso Beri Layanan Konsultasi Gratis untuk Pasien Isolasi Mandiri
e-health aplikasi konsultasi online, konsultasi dokter online [shutterstock]

Informasi layanan konsultasi dari IDI tersebut disebar melalui poster di media sosial dan dicantumkan beberapa nomor telepon dokter yang siap melayani.

SuaraMalang.id - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bondowoso beri layanan konsultasi gratis bagi pasien Covid-19 isolasi mandiri (isoman). Layanan tersebut bisa diakses melalui whatsapp (WA).

Informasi layanan konsultasi dokter dari IDI tersebut disebar melalui poster di media sosial dan dicantumkan beberapa nomor telepon dokter yang siap melayani.

Total 11 dokter yang dibagi dalam jam tertentu, yakni pada pukul 06.00-08.00 WIB, 16.00-20.00 WIB. Selanjutnya, 19.00 - 21.00 WIB dan pukul 21.00 hingga 22.00 WIB. 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bondowoso per 18 Juli 2021, ada 514 orang atau 71 persen yang menjalani isoman. Mereka tersebar hampir di seluruh wilayah Bondowoso. Tiga wilayah tertinggi, kawasan seputar Puskesmas Kademangan sebanyak 55 orang, Prajekan 53 dan Nangkaan 50 orang. 

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Panduan Isolasi Mandiri di Rumah bagi Pasien Covid-19 Gejala Ringan

Ketua IDI Kabupaten Bondowoso dr. Slamet Santoso mengatakan, layanan konsultasi kesehatan gratis tersebut adalah aksi gerakan IDI Peduli merespon lonjakan kasus  Covid-19. Layanan konsultasi, lanjut dia, sangat dibutuhkan masyarakat supaya tidak panik.

"Utamanya bagaimana seharusnya perlakuan isolasi mandiri dengan gejala yang bervariasi," katanya dikutip dari timesindonesia.co.id -- jejaring media suara.com, Minggu (18/7/2021).

Konsultasi itu, lanjut dia, dimaksudkan agar masyarakat juga tidak terjebak dalam pengobatan-pengobatan yang tidak direkomendasikan. 

Menurutnya, masyarakat sejauh ini sangat antusias untuk berkonsultasi. Di hari pertama  pada 16 Juli 2021, sudah ada puluhan masyarakat yang mengakses konsultasi dokter gratis

"Rata-rata keluhannya seperti masih ada batuk dan pilek, apa yang harus dilakukan. Banyak lagi keluhan lainnya," jelasnya.

Baca Juga: Buka Posko Covid-19, Warga Surabaya Gotong Royong Bantu Warga Isolasi Mandiri

Pihaknya menjelaskan, IDI melayani konsultasi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang. Slamet menyebut tak punya target waktu hingga kapan konsultasi dibuka.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait