alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awas, Modus Penipuan Jual Beli Tabung Oksigen Via Medsos Makan Korban di Malang

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 12 Juli 2021 | 13:39 WIB

Awas, Modus Penipuan Jual Beli Tabung Oksigen Via Medsos Makan Korban di Malang
ilustrasi. Warga Malang Waspada, Modus Penipuan Jual Beli Tabung Oksigen di Medsos. [Suara.com/Bob Bimantara Leander]

Sejumlah warga tertipu dengan modus penjualan tabung oksigen via media sosial Instagram.

SuaraMalang.id - Lonjakan kasus Covid-19 rupanya dimanfaatkan pihak tidak bertanggungjawab demi keuntungan pribadi. Di tengah sulitnya mencari tabung oksigen, sindikat ini justru menipu warga dengan modus penjualan tabung oksigen.

Sejumlah warga jadi korban penipuan dengan modus penjualan tabung oksigen via media sosial Instagram. Barang yang diharapkan tak kunjung datang meski uang ratusan ribu rupiah per tabung sudah ditransfer.

Hal tersebut rupanya juga terjadi di Kota Malang. Salah seorang warganet mengaku telah ditipu setelah membeli tabung oksigen seharga Rp 700 ribu.


Pengakuan serta bukti pembelian tersebut diunggah ulang akun instagram @ngalamlop. 

Baca Juga: Indonesia Dapat Bantuan 1000 Tabung Oksigen dari Perusahaan Singapura


"Modus Penipuan Baru Jual Beli Oksigen di Malang! Buat siapa saja harus hati-hati jangan asal transfer uang ya... Untuk penjual memang sepertinya meyakinkan tapi admin ga mau publish ya... daripada kena "pencemaran nama baik"," tulis caption pada unggahan tersebut dikutip SuaraMalang.id, Senin (12/7/2021).


Dalam unggahan tersebut dijelaskan bagaimana kronologi penipuan tersebut. Seorang pembeli awalnya telah memesan tabung oksigen ukuran 1m dengan harga Rp 700 ribu. Namun, setelah pembayaran selesai ditransfer, tabung oksigen tersebut tak kunjung datang.


Selanjutnya, ketika si pembeli menanyakan keberadaan tabung oksigen, akun instagram dan nomor WhatsApp-nya justru diblokir oleh pelaku.


"pesan oksigen setelah di transfer malah di blokir. Admin sudah sarankan untuk telpon pihak berwajib dan lapor untuk blokir rekening penjual. Pokoknya ati ati kabeh yo lurrrr...," lanjut keterangan pada unggahan tersebut.

Unggahan tersebut pun mendapat beragam komentar dari warganet. Tidak sedikit yang prihatin akan tindakan pelaku yang memanfaatkan keadaan.

Baca Juga: Petasan Meledak saat Diracik di Musala, Warga Malang Tewas Mengenaskan


"Ya allah di masa sulit kayak gni ada ajah yg mengambil kesempatan," ujar @devialdiva90.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait