alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PPKM Darurat, Peserta UTBK SBMPTBR Unej Wajib Tes Antigen

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 02 Juli 2021 | 14:51 WIB

PPKM Darurat, Peserta UTBK SBMPTBR Unej Wajib Tes Antigen
Arsip Foto. Peserta SBMPTN mengikuti ujian tulis berbasis komputer di Kampus Universitas Jember, Jawa Timur, pada April 2021. [ANTARA/ HO Humas Unej]

PPKM darurat, peserta SBMPTBR Unej boleh ubah mekanisme seleksi dan wajib tes antigen

SuaraMalang.id - Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) di Universitas Jember (Unej) boleh mengubah mekanisme seleksi. Ini merespon penerapan PPKM darurat menyusul peningkatan kasus penularan COVID-19.

Ketua Panitia SBMPTBR 2021 Prof Slamin mengatakan, peserta dapat menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk mengikuti SBMPTBR dan tidak perlu mengikuti UTBK lagi.

"Melihat perkembangan kasus COVID-19 makin meningkat, maka panitia memberikan kesempatan kepada peserta UTBK SBMPTBR untuk mengubah mekanisme seleksi menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2021," katanya dikutip dari Antara, Jumat (2/7/2021).

Selain itu, lanjut dia, panitia SBMPTBR 2021 tetap membuka kesempatan bagi peserta seleksi untuk mengikuti UTBK SBMPTBR.

Baca Juga: Jalur Mandiri UNS 2021: Jadwal, Cara Daftar, Syarat, Biaya

"Ternyata masih banyak peserta yang lebih memilih untuk mengikuti UTBK SBMPTBR dengan alasan tidak mengikuti SBMPTN 2021 atau merasa nilai UTBK SBMPTN yang diraih tidak cukup bagus sehingga tetap memilih mengikuti ujian lagi ke Jember," kata Slamin.

Berdasar data penyelenggara, peserta SBMPTBR tercatat sebanyak 5.883 orang. Sejumlah 3.932 peserta tercatat akan mengikuti ujian dan 1.951 peserta mengikuti seleksi menggunakan nilai UTBK SBMPTN.

"Panitia memberikan kesempatan bagi peserta UTBK SBMPTBR yang ingin mengubah mekanisme seleksi menjadi menggunakan nilai UTBK SBMPTN hingga tanggal 3 Juli 2021," tuturnya.

Slamin menjelaskan, peserta yang hendak mengubah mekanisme seleksi bisa mengakses laman sbmptbr.unej.ac.id dan mengikuti panduan untuk mengganti mekanisme seleksi yang akan diikuti.

"Bagi peserta yang tetap memilih mekanisme ikut UTBK SBMPTBR agar selalu menjaga kesehatan dan membawa hasil tes cepat antigen atau tes usap PCR saat mengikuti UTBK nanti," katanya.

Baca Juga: Cara Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2021, Mudah!

Ia menjelaskan pula bahwa peserta UTBK SBMPTBR wajib membawa hasil tes cepat antigen atau PCR yang menunjukkan mereka tidak terserang COVID-19 demi kesehatan dan keselamatan bersama.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait