alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengenal 'Tradisi Bibibi' di Probolinggo, Nama yang Unik..

Muhammad Taufiq Sabtu, 08 Mei 2021 | 22:43 WIB

Mengenal 'Tradisi Bibibi' di Probolinggo, Nama yang Unik..
Salah satu warga membagikan sedekah kepada anak-anak di Probolinggo [Foto: Timesindonesia]

Setiap hari ke-27 Ramadhan, ada tradisi unik dilakukan masyarakat di Probolinggo, Jawa Timur. Namanya agak nyeleneh: Tradisi Bibibi.

SuaraMalang.id - Setiap hari ke-27 Ramadhan, ada tradisi unik dilakukan masyarakat di Probolinggo, Jawa Timur. Namanya agak nyeleneh: Tradisi Bibibi.

Apa itu? Bibibi ternyata tradisi bersedekah kepada para bocah di kampung. Sedekah bisa berupa uang jajanan atau minuman yang dibagikan kepada anak-anak di sana.

Kemarin, hari ke-16 Ramadhan, selepas zuhur tradisi ini dimulai. Di Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, misalnya. Sekelompok bocah bergerombol. Kemudian keliling kampung untuk menerima sedekah.

Di setiap rumah, mereka berteriak "Bibibi, Bibibi". Tak lama berselang, tuan rumah keluar membawa barang yang mau dibagikan. Ada yang berupa uang, jajanan, ada pula yang berupa minuman.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Malang Raya, Ramadhan ke-27, Minggu 09 Mei 2021

Begitu seterusnya, dari rumah satu ke rumah lainnya dalam satu kampung. "Tradisi ini sudah berlangsung lama. Saat kecil saya juga keliling seperti itu," kata Ahmad Dimyathi (35), warga Triwung Kidul, dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring media suara.com.

Karena sudah tradisi, warga telah mempersiapkan diri menyambut tradisi tersebut. Barang yang akan dibagikan, telah disiapkan sejak malam atau hari sebelumnya. Disesuaikan dengan kemampuan.

"Yang punya kurma, ya bagi-bagi kurma. Dikemas tiga atau lima biji. Yang punya uang receh, ya bagi-bagi uang receh," terang pria yang biasa disapa Didim ini.

Tradisi Bibibi ini juga ada di Kabupaten Probolinggo. Dari informasi yang diperoleh, warga Kecamatan Paiton, Kraksaan, Banyuanyar, Bantaran, dan Kecamatan Wonomerto juga menjalani tradisi ini.

Namun di Desa Sepuh Gembol, Kecamatan Wonomerto, sedekah tidak dibagikan ke anak-anak. Sedekah diberikan kepada tetangga dari rumah ke rumah. "Akhirnya seperti tukaran barang," kata Nurlaili Istiqomah.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Kota Surabaya, Ramadhan ke-27, Minggu 09 Mei 2021

Tokoh masyarakat Kota Probolinggo, Habib Qushay Assegaf mengatakan, tradisi Bibibi merupakan wujud tarbiyah atau pendidikan di Bulan Ramadan. "Ramadan juga dikenal sebagai syahrut tarbiyah (bulan pendidikan/latihan, Red)," terangnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait