alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadwal Imsakiyah Kota Malang 7 Mei 2021

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 07 Mei 2021 | 02:00 WIB

Jadwal Imsakiyah Kota Malang 7 Mei 2021
ilustrasi Jadwal Imsakiyah Kota Malang dan sekitarnya, Jumat (7/5/2021). (shutterstock)

Jadwal Imsakiyah Kota Malang dan sekitarnya, Jumat (7/5/2021)

SuaraMalang.id - Jadwal Imsakiyah Kota Malang dan sekitarnya, Jumat (7/5/2021).

Ibadah puasa orang shalih itu tidak sebatas menahan lapar dan dahaga. Al-Ghazali menjelaskan sedikitnya ada enam spesifikasi puasanya orang-orang shalih.

Melansir nu.or.id, spesifikasi pertama, puasanya orang shalih harus menjaga pandangan. Harus menjaga kedua mata agar tidak jelalatan melihat perkara-perkara maksiat. Bahkan, tidak boleh melihat sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian hati, sehingga lalai dari mengingat Allah.

Kedua, menjaga lisan dari ucapan tanpa makna, berbohong, ghibah, mengadu domba, berkata kasar dan ucapan yang memicu pertikaian.

Baca Juga: Hindari 3 Hal Ini Supaya Puasamu Tidak Sia-Sia

Ketiga, menjaga pendengaran dari hal-hal yang diharamkan. Menurut al-Ghazali, segala sesuatu yang haram diucapkan, juga haram untuk didengarkan. Termasuk di antaranya mendengarkan orang sedang berghibah.

Keempat, menjaga semua anggota tubuh, tangan, kaki dan lain-lian, dari perbuatan dosa. Termasuk juga menghindari berbuka puasa dari makanan syubhat (tidak jelas status halal atau haramnya). Menurut al-Ghazali, saat orang berpuasa, berarti sedang berupaya melumpuhkan nafsu dalam diri yang menjadi pintu masuk utama bagi setan.

Al-Ghazali melanjutkan, makanan halal akan berbahaya jika dimakan terlalu berlebihan. Sedangkan puasa adalah upaya untuk meminimalisasi makanan itu.

"Singkatnya, puasa itu adalah obat. Jika saat berbuka dengan makan berlebihan, sama saja menghindari obat dengan memilih racun,"

Kelima, tidak terlalu berlebihan saat berbuka puasa, sekiranya perut tidak sampai kekenyanyan. Menurut al-Ghazali, perut yang paling Allah benci adalah perut yang terlalu kenyang, meskipun dipenuhi oleh makanan halal.

Baca Juga: Viral Foto Lucu Jadi Tamparan di Bulan Ramadan, Pilih Surga Atau Warteg

Pada bagian inilah, Al-Ghazali mengritik kebiasaan masyarakat yang jika berbuka puasa menghimpun segala rupa makanan saat berbuka demi memuaskan nafsu perutnya.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait