alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jember Diguncang Gempa Bali Berkekuatan 5,1 SR, Warga Mengaku Trauma

Chandra Iswinarno Jum'at, 30 April 2021 | 12:47 WIB

Jember Diguncang Gempa Bali Berkekuatan 5,1 SR, Warga Mengaku Trauma
Ilustrasi gempa bumi. (Antara).

Guncangan gempa yang terjadi pada Jumat (30/4/2021) pagi di Bali dirasakan Warga Jember. Gempa berkekuatan magnitudo 5,1 SR tersebut diketahui berpusat di Jembrana, Bali.

SuaraMalang.id - Guncangan gempa yang terjadi pada Jumat (30/4/2021) pagi di Bali dirasakan Warga Jember. Gempa berkekuatan magnitudo 5,1 SR tersebut diketahui berpusat di 127 kilometer arah barat daya Kabupaten Jembrana.

Seorang Warga Jember, Umi Maisaroh mengaku, merasakan guncangan gempa yang terjadi pada Jumat pagi. Bahkan, Warga Kecamatan Kencong ini mengaku terkejut sekaligus trauma dengan gempa pada Jumat pagi, lantaran beberapa waktu lalu juga merasakan kerasnya guncangan gempa yang berpusat di Malang.

"Saya kaget sekali, dan sangat trauma atas gempa yang terjadi tadi, soalnya masih suka kaget saat gempa di Malang yang keras dulu itu. Saya tadi sempat berlari saat rumah tiba - tiba berbunyi dan kaca juga bergetar," katanya seperti dilansir Suarajatimpost.com-jaringan Suara.com.

Diketahui, pusat gempa Bali berada di laut pada titik koordinat 9,37 Lintang Selatan dan 114,07 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer. Berdasarkan informasi yang dihimpun Pusat Pengendalian dan Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Jember, guncangan gempa yang terjadi hampir merata di seluruh wilayah tersebut.

Baca Juga: Gempa Bali Terasa Sampai Wilayah Timur Jatim, Tak Berpotensi Tsunami

"Untuk laporan sementara yang kami terima, hampir dirasakan di seluruh kecamatan di Jember. Namun dari informasi di Pusdalops BPBD Jember, belum ada laporan masuk untuk dampak kerusakan akibat gempa itu," kata Plt. Sekretaris BPBD Jembe Heru Widagdo saat dikonfirmasi, pada Jumat pagi.

Namun, Heru mengemukakan, gempa yang berlangsung selama beberapa detik itu paling besar guncangannya dirasakan di kecamatan-kecamatan wilayah pesisir selatan Jember.

"Informasi sementara goyangannya terasa cukup keras, di wilayah kecamatan pesisir selatan. Mulai dari Ambulu, Wuluhan, Puger, Kencong, Balung, dan Jombang. Namun demikian, kami masih terus memantau dampak dari gempa ini. Semoga tidak sampai ada kerusakan atau dampak tertentu," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait