alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pembangunan 300 Rumah Rusak Terdampak Gempa Malang Tuntas Sebelum Lebaran

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Rabu, 21 April 2021 | 04:31 WIB

Pembangunan 300 Rumah Rusak Terdampak Gempa Malang Tuntas Sebelum Lebaran
Korban gempa Malang di tengah puing-puing rumahnya yang hancur, di Kabupaten Malang. [Foto: Beritajatim.com]

Bupati Malang Sanusi memastikan 300 rumah terdampak gempa Malang magnitudo 6,1 tuntas dibangun sebelum lebaran 2021.

SuaraMalang.id - Bupati Malang Sanusi memastikan 300 rumah terdampak gempa tuntas dibangun sebelum lebaran 2021. Ratusan rumah tersebut berkategori rusak berat akibat gempa Malang magnitudo 6,1.

"Sebelum hari raya (lebaran) 300 rumah itu akan selesai di bangun dan mereka (warga terdampak) bisa menempati rumah layak huni," kata Sanusi dikutip dari timesindonesia.co.id jaringan suara.com, Selasa (20/4/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat menambahkan, pihaknya telah menganalisa sekitar 955 rumah terdampak gempa. Sejumlah 300 rumah diantaranya memang tidak bisa ditempati alias rusak parah, sehingga harus segera dibangun kembali.

"Jadi kita dari 955 rumah itu, 300-nya yakni mereka yang memang tidak bisa menempati rumah. Jadi kalau tidak bisa menempati berarti kan parah dan mereka harus mengungsi," jelasnya.

Baca Juga: Gedung Rusak Terdampak Gempa, MAN 2 Turen Malang Tunda PTM

Pembangunan rumah, lanjut dia, anggarannya bersumber dari dana donasi, ditambah dengan adanya dana siap pakai dari Belanja Tak Terduga (BTT). Pihaknya bersama TNI-Polri akan segera melakukan percepatan pembangunan 300 rumah tersebut.

"Ini kan ada dana-dana donasi dan ada dana siap pakai dari BTT. Itu akan kita gerakan bersama TNI-Polri untuk kerja bakti, insyaallah sebelum hari raya mereka sudah bisa menempati rumah," sambungnya.

Wahyu menambahkan, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 25 juta untuk satu rumah berukuran ukuran rumah 6x8 meter.

"Ini kita tingkatkan. Yang kemarin kita masih planning dari yang sebelumnya Rp 15 juta per rumah, sekarang kita anggarkan Rp 25 juta per rumah dengan ukuran 6x8 agar pembangunan rumah ini bisa lebih kuat dan di jamin aman," pungkasnya.

Baca Juga: Pencuri Motor di Malang Tewas Setelah Jatuh dari Atap Rumah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait