alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Desa Sumberbrantas Kota Batu Diterjang Banjir Lumpur

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 08 April 2021 | 23:44 WIB

Desa Sumberbrantas Kota Batu Diterjang Banjir Lumpur
Bencana banjir disertai lumpur menerjang Desa Sumberbrantas Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (8/4/2021) malam. [Foto: Timesindonesia.co.id]

Desa Sumberbrantas, Kota Batu, Jawa Timur diterjang banjir lumpur, Kamis (8/4/2021) malam. Akibatnya, akses menghubungkan Malang - Mojokerto, melalui Pacet itu lumpuh.

SuaraMalang.id - Desa Sumberbrantas, Kota Batu, Jawa Timur diterjang banjir lumpur, Kamis (8/4/2021) malam. Akibatnya, akses menghubungkan Malang - Mojokerto, melalui Pacet itu lumpuh.

Dilansir dari Timesindonesia.co.id jaringan Suara.com, banjir disertai lumpur itu dipicu meningkatnya debit sungai yang ada di sekitar Punden Mbah Liung Sumberbrantas (sisi Barat Masjid Besar Sumberbrantas) hingga tidak mampu lagi menampung derasnya guyuran hujan.

Akibatnya luapan itu, jalan, warung serta permukiman warga Sumberbrantas terendam banjir disertai lumpur. Bahkan beberapa kendaraan roda empat terjebak di tengah jalan.

Hingga berita ini ditulis, BPBD Kota Batu dan petugas gabungan bersama warga masih membersihkan sisa banjir dan meterial lumpur.  

Baca Juga: Dugaan Serangan Doxing, Jurnalis di Malang Lapor Polisi

“Hujan deras turun sejak sekitar pukul 17.15 hingga malam ini mengakibatkan banjir lumpur,” kata Susilo, warga Desa Sumberbrantas.

Hujan deras yang melanda Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur  yang berlangsung pukul 17.15 sampai dengan 18.30 WIB telah menyebabkan banjir lumpur. Menurut warga, ketebalan lumpur di jalan raya mencapai kurang lebih 40 sentimeter hingga membuat kendaraan terjebak dan harus didorong warga.

Sedikitnya ada 11 rumah warga yang terendam lumpur dengan ketebalan 5 hingga 10 centimeter.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochiim mengatakan, saat ini tim reaksi cepat BPBD telah mendatangi lokasi kejadian dan melakukan beberapa tindakan penanganan bencana bersama warga.

"Kita sudah lakukan kaji cepat, sasaran awal membebaskan jalan dari banjir lumpur agar bisa segera dilewati kendaraan," ujar Rochiim.

Baca Juga: Akses Jalan ke JLS Malang Rusak Parah, Hambat Pertumbuhan Wisata

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait