alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tanah Longsor Susulan, Jalur Malang-Kediri Tutup Total

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 27 Februari 2021 | 22:46 WIB

Tanah Longsor Susulan, Jalur Malang-Kediri Tutup Total
Tanah longsor menutup seluruh badan jalan, Jalur Payung Songgoriti Kota Batu, Sabtu malam (27/2/2021). [Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu]

Tanah longsor susulan itu terjadi di kawasan Payung Songgoriti Kota Batu. Akses jalur Malang-Kediri tutup total.

SuaraMalang.id - Jalan akses menghubungkan Malang-Kediri, di Kota Batu Jawa Timur, tutup total, Sabtu malam (27/2/2021). Ini menyusul peristiwa tanah longsor di jalan yang dikenal Jalur Payung Songgoriti tersebut.

Hampir seluruh badan jalan tertutup meterial longsor susulan tersebut, berupa meterial tanah dan bebatuan.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, pihaknya telah menyiapkan alat berat untuk membersihkan material longsor. Namun, karena kondisi tidak memungkinan dan hujan yang masih terus turun, maka material longsor semakin meluas. Seluruh badan jalan tertutup material longsoran.

"Lalu kami putuskan untuk tutup total. Karena mengingat berbahaya ini jika dilakukan buka tutup karena material tanah memenuhi jalan," ujarnya, Sabtu.

Baca Juga: Pasca Tanah Longsor, Seluruh Santri Ponpes di Pamekasan Dipulangkan

Akibat penutupan jalan provinsi ini, lanjut Rochim, dilaporkan telah terjadi kemacetan kendaraan sekitar 1 kilometer lebih.

"Karena tutup jalan total ini membuat antrean kendaraan sepanjang satu kilometer. Kami imbau agar kendaraan roda dua dan mobil untuk melewati jalur alternatif," sambung dia.


Kekinian, Rochim menambahan, proses pembersihan material tanah akibat longsor dihentikan dengan alasan cuaca.


"Penanganan dihentikan mengingat hujan semakin lebat dan guguran longsor terus berjatuhan yang dapat membahayakan petugas dan pengguna jalan. Dan besok akan kami lakukan pembersihan lagi. Sementara ini kami tutup dulu aksesnya," jelasnya.


Kontributor : Bob Bimantara Leander

Baca Juga: 50 Kasus Bencana Alam Melanda Kabupaten Malang, Didominasi Tanah Longsor

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait