alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Total 133 Pasien Rumah Sakit Jiwa di Malang Terpapar Covid-19

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 26 Februari 2021 | 15:38 WIB

Total 133 Pasien Rumah Sakit Jiwa di Malang Terpapar Covid-19
ilustrasi ODGJ terpapar Covid-19 di RSJ Lawang Kabupaten Malang. [ANTARA/Shutterstock/am.]

RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat, Lawang, Kabupaten Malang mengklaim penularan Covid-19 terjadi bukan dari dalam rumah sakit.

SuaraMalang.id - Ada total 133 pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dr. Radjiman Wediodiningrat, Lawang, Kabupaten Malang terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah tersebut terakumulasi mulai awal pandemi merebak hingga 23 Februari 2021.

Ketua Komite Medik RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat, dr. Tiwik Koesdiningsih SpKJ menduga, ratusan ODGJ itu tertular akibat kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 sebelum dirawat di RSJ.

“Penularan Covid-19 penyebab umumnya berasal dari luar. Bukan dari dalam RSJ,” jelas Tiwik, seperti dikutip dari beritajatim.com media jejaring suara.com, Jumat (26/2/2021).

Disinggung rincian usia pasien yang terpapar Covid-19, Ia mengaku tak hafal.

Baca Juga: Sabetan Celurit Begal di Malang, Dibalas Timah Panas Polisi

“Diketahui sejak pandemi berlangsung. Rata-rata usia umumnya saya tidak hafal. Mencakup dewasa dan remaja,” sambung dia.

Tiwik memastikan RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Terutama saat pelayanan calon pasien.

“Pasien dengan gangguan jiwa yang hendak memerlukan perawatan di sini wajib mengikuti screening secara ketat. Meliputi apakah kontak erat dengan orang dengan Covid-19, pergi ke luar kota, atau gejala yang akhir ini timbul demam, pilek, sesak nafas atau sulit membau,” urainya.

Sementara itu, hingga Rabu tanggal 24 Februari 2021 lalu saja, total pasien ODGJ yang dirawat di RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat berjumlah 134 pasien.

“Total pasien hari ini 134 pasien,” ujarnya.

Baca Juga: Viral Video Polisi Malang Bekuk Pelaku Curanmor, Warganet: Bak Film Laga...

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait