alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cangkul Lahan, Warga Jombang Justru Temukan Benda Kuno Ini

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 16 Februari 2021 | 13:43 WIB

Cangkul Lahan, Warga Jombang Justru Temukan Benda Kuno Ini
Warga menemukan diduga sumur kuno di Desa Sukosari Jombang. [Foto: Suaraindonesia.co.id]

penemuan benda kuno itu bermula saat sedang membersihkan area lahan perkebunan untuk ditanami singkong. Dilihat ada gundukan tanah mencurigakan.

SuaraMalang.id - Sebuah benda atau struktur kuno ditemukan di Desa Sukosari Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Warga tak sengaja menemukannya saat mencangkul di dekat lahan tebu, Senin lalu (15/2/2021).

Muhammad Sholeh (36), warga Dusun Sumbersari, Desa Sukosari mengatakan, penemuan benda kuno itu bermula saat sedang membersihkan area lahan perkebunan untuk ditanami singkong. Dilihat ada gundukan tanah mencurigakan, Ia memutuskan untuk mencangkul gundukan tersebut.

"Kok ada gundukan, lalu saya cangkul. Dan baru sampai kedalaman 5 sentimeter saya menemukan benda seperti bul (sumur kuno). Bahannya dari tanah liat. Waktu saya temukan itu kondisinya sudah pecah," katanya, seperti dikutip dari suaraindonesia.co.id media jejaring suara.com, Selasa (16/2/2021).

Sholeh melanjutkan, diameter benda tersebut berukuran kurang lebih 80-90 sentimeter. Sedangkan ketebalan bibirnya sekitar 15 sentimeter. Serpihan dari benda tersebut juga ditemukan di sekitarnya. Temuan tersebut juga telah dilaporkannya kepada pihak desa setempat.

Baca Juga: Fakta Baru, Koin Kuno Banyuwangi Dari Dinasti Sung Dipakai Zaman Majapahit

"Sebelumnya warga ndak tahu kalau ada benda ini. Lalu saya melapor ke pihak desa, tapi ke BPCB belum. Tindak lanjut nanti bersama teman-teman gotongroyong mau dicangkul ulang," jelasnya. 

Ia menambahkan, bahwa sebelumnya juga pernah ditemukan batu bata kuno, situs,  sumur kuno dan lainnya di wilayah Desa Sukosari ini.

"Jaraknya dari temuan ini kurang lebih dua kilometer, ada di belakang balai desa," tukasnya. 

Sementara itu, Juru Pelihara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Jayadi menerangkan, bahwa terkait temuan benda sumur kuno ini sudah dikoordinasikan bersama Kepala Desa dan Perangkat Desa Sukosari. 

"Dan besok mau ada kunjungan dari Kepala Disdikbud. Tadi pagi sudah saya laporkan, bahwa ada penemuan di Desa Sukosari yaitu sumur kuno atau jambangan," pungkasnya.

Baca Juga: Warga Kota Batu Temukan Batu Bata Kuno, Arkeolog Bersiap Ekskavasi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait