alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Warga Kota Batu Temukan Batu Bata Kuno, Arkeolog Bersiap Ekskavasi

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 06 Februari 2021 | 23:56 WIB

Warga Kota Batu Temukan Batu Bata Kuno, Arkeolog Bersiap Ekskavasi
Warga menunjukkan temuan batu bata kuno di Desa Pesanggrahan Kota Batu Jawa Timur. [Foto: Muhammad Dhani Rahman/ TIMES Indonesia]

Batu bata kuno ini ditemukan warga Desa Pesanggrahan, Kota Batu dalam kondisi berserakan di tengah hutan. Warga juga menemukan susunan batu bata yang rapi menempel di tebing.

SuaraMalang.id - Batu bata kuno ditemukan di kawasan Alas Kasinan, Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu Kota Batu, Jawa Timur. Arkeolog meyakini ada struktur purbakala yang belum tersingkap di lokasi tersebut.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho, mengatakan pihaknya telah meninjau lokasi temuan batu kuno oleh warga tersebut. Memang ada singkapan batu bata kuno terlihat di tebing sungai. Namun, belum jelas struktur bangunan apa yang mediami kawasan tersebut.

“Tapi jelas ada potensi tinggalan purbakala di sana, cuma perlu singkapan lebih jelas lagi,” ujar Wicaksono, seperti dikutip dari timesindonesia.co.id jaringan suara.com, Sabtu (6/2/2021). 

Ia melanjutkan, bahwa banyaknya batu bata kuno berukuran besar yang ditemukan di wilayah ini memunculkan kemungkinan adanya struktur bangunan kuno. Maka, menurutnya, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Dicontohkannya, melakukan ekskavasi dan uji laboratorium.

Baca Juga: Jalur Payung Songgoriti Kota Batu Dilanda 3 Kali Tanah Longsor Susulan

Dari jenis batu bata kuno yang ditemukan warga, ada tiga jenis batu bata. Pertama berukuran panjang 33 centimeter lebar 20 centimeter. Batu bata kedua, panjang 33 cm tebal 8 cm dan batu bata ketiga panjang 19 centimeter dengan tebal 7 centimeter.

Batu bata kuno ini ditemukan warga dalam kondisi berserakan di tengah hutan. Warga juga menemukan susunan batu bata yang rapi menempel di tebing. Ditempat yang sama, warga juga menemukan ada keping uang China yang akrab disebut kepeng China.

Temuan batu bata kuno ini dilaporkan oleh warga kepada Dinas Pariwisata Kota Batu dan ditindaklanjuti oleh BPCB Trowulan dengan melakukan pengecekan ke lokasi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait