alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pernyataan Lengkap PVMBG Tentang Suara Dentuman di Malang

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Rabu, 03 Februari 2021 | 12:07 WIB

Pernyataan Lengkap PVMBG Tentang Suara Dentuman di Malang
ilulstrasi pernyataan lengkap PVMBG terkait suara dentuman di Malang. (ANTARA Foto/Bagus Ahmad Rizaldi)

Wilayah Malang dikelilingi gunung api, mulai Gunung Semeru, Bromo, Arjuno dan Kelud. Meski demikian suara dentuman itu bukan berasal dari deretan gunung api tersebut.

SuaraMalang.id - Suara dentuman di Malang masih tanda tanya besar. Apa dan darimana asal atau sumber suara yang menghebohkan warga Malang Raya, sejak Selasa malam (2/2/2021).

Wilayah Malang dikelilingi Gunung Api, yakni Semeru, Bromo, Arjuno dan Kelud. Meski demikian suara dentuman itu bukan berasal dari deretan gunung api tersebut.

Hal itu diungkap Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api wilayah Barat, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani. Menurutnya, erupsi Gunung Raung mengalami peningkatan aktivitas.

"Laporan masyarakat suara dari Gunung Raung terdengar hingga Kalipuro - Banyuwangi, 20 kilometer dari titik erupsi kawah puncak Gunung Raung," katanya dikonfirmasi Suara.com, Rabu (3/2/2021).

Baca Juga: Bukan Supranatural, Begini Jawaban BMKG soal Dentuman Misterius di Malang

Namun, lanjut dia, pihaknya tak bisa memastikan apakah dentuman yang didengar warga Malang berasal dari Gunung Raung tersebut.

"Saya tidak bisa memastikan apakah suara yang terdengar di Malang dan Pasuruan berasal dari Raung," ungkapnya.

Demikian pula dengan keberadaan Gunung Semeru yang cukup dekat dengan wilayah Malang. PVMBG meyakini suara dentuman bukan dari Gunung Semeru lantaran aktivitas vulkanis terpantau mulai menurun.

"Dari Semeru sepertinya bukan Pak, karena walaupun masih erupsi tapi intensitasnya relatif sedang mengecil," jelas Nia.

Seperti diberitakan, heboh suara dentuman di Malang sejak Selasa tengah malam (2/2/2021). Warga dibuat penasaran sekaligus was-was karena suara dentuman terus terjadi berulang-ulang. 

Baca Juga: Gempar! BMKG Ungkap Dentuman Misterius Malang Bisa Berasal dari Meteor

BPBD Kota Malang juga telah berkoordinasi dengan BPBD daerah lain, seperti Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Hasilnya juga belum dapat memastikan asal atau sumber suara dentuman tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait