facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dokter di Malang Ini Ajak Pasien Covid-19 Berzikir Supaya Cepat Sembuh

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 28 Januari 2021 | 10:01 WIB

Dokter di Malang Ini Ajak Pasien Covid-19 Berzikir Supaya Cepat Sembuh
Ilustrasi zikir atau berzikir sebagai upaya non medis mempercepat kesembuhan pasien Covid-19 oleh Dokter Syifa Mustika di Malang. [Shutterstock]

Dokter Syifa Mustika tangani pasien Covid-19 dengan terapi spiritual, yakni zikir. Selain juga mengutamakan medis.

SuaraMalang.id - Dokter Syifa Mustika punya cara tersendiri agar pasien terkonfirmasi positif Covid-19 cepat sembuh. Dokter di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang ini mengajak pasien Covid-19 berzikir atau disebutnya sebagai terapi psycho spiritual.

Ya, Dokter Syifa Mustika tak hanya fokus pada cara-cara medis. Ia juga menggunakan cara non medis, yakni zikir. Menurutnya, imunitas bisa ditingkatkan dengan rasa bahagia, termasuk dengan terapi spiritual tersebut..

"Kita lihat data di dunia yang menyebabkan parah itu sakit serius sekitar 1 persen. 99 persen adalah ringan dan sedang. Faktor yang menentukan adalah komorbid, kecepatan penanganan dan imunitas," kata Dokter Syifa, seperti dikutip dari TIMESIndonesia.co.id jaringan Suara.com.

Ia melanjutkan, bahwa tak sedikit pasien yang ditanganinya kondisi psikologis drop. Hal itu justru yang jadi penyebab pasien lama untuk sembuh.

Baca Juga: Lawan Covid-19, PMI Banten Optimalkan Terapi Plasma Konvalesen


"Saya banyak merawat pasien. Saat dia pesimis di awal, dia cepet jatuh. Apalagi dia stres, banyak pikiran, ngurus kerjaan, perkembangannya lambat untuk sembuh," imbuhnya.

Namun, lanjut dia, jika pasien bisa meningkatkan kondisi psikis maka akan lebih cepat pulih. Pasien, menurutnya, lebih tenang saat spiritualitasnya meningkat.

"Yang rutin ngaji ya ngaji. Itu sangat membantu untuk penyembuhan, positif thinking itu penting dan upaya spiritual. Pasien yang sedang dan ringan itu obatnya ya faktor psikis itu. Perbaiki imunnya supaya tidak kosong jiwanya," tandasnya.

Dokter Syifa menegaskan kembali, sebagai tenaga medis memang patutnya mengedepankan prinsip kedokteran, khususnya dalam menangani pasien. Namun, penting pula agar mengimbangi dengan pendekatan mental spiritual, supaya meningkatkan kesembuhan.

"Terkait degan kondisi itu semua, khususnya Covid-19, faktor imun sangat penting. Yang lebih penting lagi kita sebagai seorang manusia, hamba Allah, kita sifatnya berusaha. Dalam mengedepankan pengobatan tidak hanya medis, tapi sisi spiritual, sisi psikis mendekatkan diri kepada Tuhan. Pasien saya tidak hanya muslim. Pendekatan itu harus tetap kita sampaikan kepada pasien," jelasnya.

Baca Juga: Pesawat NC212i Perkuat Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang

Terapi spiritual zikir Dokter Syifa Mustika ini sering dilakukan. Terutama ketika pasien mengalami drop. Sisi lain, Ketua Satgas Peduli Covid-19 NU Malang Raya ini juga menyarankan pasien untuk terus mendekatkan diri kepada Tuhan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait