alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Suara Dentuman Misterius di Banyuwangi, PVMBG Pastikan Bukan Gunung Raung

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 25 Januari 2021 | 14:04 WIB

Suara Dentuman Misterius di Banyuwangi, PVMBG Pastikan Bukan Gunung Raung
ilustrasi Gunung Raung Banyuwangi. [Foto: PVMBG PPGA Raung /TIMES Indonesia]

Gunung Raung level II waspada, namun PVMBG memastikan suara dentuman bukan dari gunung berketinggian 3.332 Mdpl tersebut.

SuaraMalang.id - Suara dentuman cukup keras menghebohkan masyarakat Banyuwangi. Ada yang menduga sumber suara berasal dari Gunung Raung yang statusnya kini naik menjadi Level II Waspada.

Diungkapkan Nur Wahid Azis misalnya. Warga Desa Jambewangi Kecamatan Sempu ini mengaku mendengar suara dentuman atau ledakan sekitar pukul 09.30 WIB, Minggu (24/1/2021).

"Kejadiannya kemarin sekitar pukul 09.30 WIB. Cuma sampai sekarang masih penasaran," katanya, seperti dikutip dari TIMESIndonesia.co.id media jejaring Suara.com, Senin (25/1/2021).

Warga yang bermukim tak jauh dari Gunung Raung ini melanjutkan, bahwa suara yang didengarnya kemarin mirip dengan suara gemuruh Gunung Raung, tepatnya saat erupsi 2015 silam.

Baca Juga: Ledakan di Buleleng dan Meteor Melintas di Besakih, Ini Paparan BMKG

"Entah suara gemuruh dari petir, suara Gunung Raung atau suara yang lainnya. Kurang tau saya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Mukijo mengatakan, bahwa suara gemuruh atau dentuman yang didengar warga dipastikan bukan berasal dari Gunung Raung.

"Bukan, bukan dari Gunung Raung. Kemungkinan dari Buleleng Bali," kata dia.

Ia menambahkan, meski sedang mengalami peningkatan aktivitas vulkanis, pihaknya meyakini suara dentuman bukan bersumber dari Gunung Raung.

"Justru seismiknya masih tinggi, jadi belum bisa dikatakan menurun, seismiknya malah lebih tinggi dari kemarin," jelasnya.

Baca Juga: Terungkap! Ledakan Besar di Buleleng Bali karena Asteroid Jatuh

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait