alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Begini Ritual Unik di Jepang Mohon Pandemi Covid-19 Segera Berakhir

Dythia Novianty Senin, 11 Januari 2021 | 07:59 WIB

Begini Ritual Unik di Jepang Mohon Pandemi Covid-19 Segera Berakhir
Ilustrasi mandi air es. (Shutterstock)

Beberapa masyarakat Jepang memiliki ritual unik mengusir pandemi Covid-19.

SuaraMalang.id - Salah satu permohonan semua orang di muka Bumi adalah pandemi Covid-19 segera berakhir. Di Jepang, para lelaki dan perempuan memiliki ritual unik, yakni dengan mandi di air es.

Sebagaimana melansir laman New York Post, Senin (11/1/2021), lelaki mengenakan cawat tradisional dan perempuan dengan jubah putih bertepuk tangan dan bernyanyi, sebelum pergi ke pemandian air es. Kegiatan tersebut sebagai bentuk ritual Shinto di kuil Tokyo untuk memurnikan jiwa dan berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

Tahun ini ritual unik ini hanya dilakukan belasan orang di Kuil Teppou-zu Inari. Jumlah ini diperkecil karena pandemi, dibandingkan awal 2020 yang mencapai seratus orang.

Usai melakukan latihan pemanasan dan chanting di bawah langit cerah dengan suhu luar 41,18 Fahrenheit, sembilan peserta lelaki dan tiga perempuan pergi mandi berisi air dingin dan balok es berukuran besar.

Baca Juga: Bantuan Modal Lulusan Program PKH: Syarat dan Cara Cek Penerima

“Saya berdoa agar virus corona segera berakhir,” kata Shinji Ooi (65), memimpin kelompok umat paroki 'Yayoikai' di Kuil, setelah ritual.

Jepang telah berjuang untuk menahan lonjakan infeksi virus corona, dengan Tokyo melaporkan 1.494 kasus baru pada Minggu (10/1/2021).

Pemerintah mengumumkan keadaan darurat terbatas untuk Tokyo dan tiga prefektur tetangga pada Kamis lalu, mencakup sekitar 30 persen dari populasi negara, dalam upaya untuk membendung penyebaran.

Kuil menambahkan tema "menangkal epidemi" ke acara tahunan, yang diadakan pada Minggu kedua setiap tahun dan sekarang sudah memasuki tahun ke-66.

Baca Juga: PPNI: Vaksin Covid-19 Jadi Harapan untuk Perangi Pandemi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait