Muhammad Taufiq
Satpam tertimbun tanah longsor di Malang [Foto: Beritajatim]

SuaraMalang.id - Kurang lebih selama satu jam Rudi (55) terpendam longsoran tanah. Beruntung, Ia akhirnya selamat setelah dievakuasi oleh warga, Selasa (21/12/2021).

Bencana longsor ini terjadi di kawasan Perumahan Bumi Mondoroko Raya, Desa Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, sekitar pukul 03.30 dini hari tadi.

Saat itu, Rudi sedang berjaga di pos satpam setempat. Tiba-tiba saja tanah di bawah pos satpam terkikis air Kali Mati di bawahnya. Rudi terbawa material bangunan dan tanah.

Seperti dijelaskan Ketua RW setempat, Pandu (61). Ia mengatakan Rudi sempat terpendam tanah dan tertimbun material bangunan selama kurang lebih satu jam. Rudi sulit untuk dievakuasi karena waktu itu gelap gulita.

Baca Juga: Jumlah Penumpang Angkutan Tercatat Mulai Naik di Terminal Arjosari Malang

"Jadi waktu terjatuh itu pak Rudi sempat tertimbun longsoran satu jam. Dan sempat kesulitan mengevakuasinya bersama Polsek Singosari. Tapi akhirnya bisa dievakuasi setelah dikuruk oleh warga," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com, Selasa (21/12/2021).

"Iya waktu itu hujan gak seberapa di sini, cuma di atas itu mungkin hujan deras akhirnya pondasi gak kuat tergerus air, akhirnya longsor," ucapnya.

Setelah berhasil dievakuasi, Rudi kemudian dilarikan ke UGD Prima Husada Singosari. Kondisinya kini sudah mulai membaik.

"Tadi lukanya ada di dagu, terus di pinggangnya kayaknya ada retakan. Tapi sekarang sudah membaik," ujarnya.

Terpisah, Satpam setempat, Ogi Prayoga menyebut waktu kejadian longsor, ada dua satpam yang bertugas. Rudi berada di dalam pos satpam. Sementara satpam lainnya berada di luar pos.

Baca Juga: Siaga Banjir hingga Tanah Longsor, Warga Kayong Utara Diminta Waspada

"Satu Pak Rudi dan satu Pak Edi. Mereka datang menggantikan shift saya pas jam 19.00 malam kemarin," tuturnya.

Komentar