5 Cara Investasi Emas yang Benar dan Aman untuk Pemula

Blibli adalah tempat paling aman untuk membeli logam mulia secara online.

Fabiola Febrinastri
Kamis, 27 Oktober 2022 | 18:20 WIB
5 Cara Investasi Emas yang Benar dan Aman untuk Pemula
Ilustrasi emas perhiasan (Pexels/Pixabay)

SuaraMalang.id - Untuk mengamankan masa depan, seseorang harus mulai memikirkan investasi, salah satunya adalah investasi emas batangan seperti emas Antam. Harga emas Antam hari ini sedang bagus, jadi ini adalah momen terbaik untuk membelinya dan mulai berinvestasi.

Investasi emas itu aman dan nyaman. Tidak seperti kendaraan atau gadget mahal karena harga emas tidak akan pernah hancur alias stabil dan bahkan meningkat selama bertahun-tahun.

Dalam berinvestasi, keamanan semacam inilah yang Anda butuhkan. Anda juga tak perlu pusing ketika menginvestasikan uang dalam bentuk emas.

Mengapa demikian? Karena harga emas relatif tahan terhadap berbagai goncangan, seperti masalah ekonomi, politik, geopolitik, resesi, dan lainnya. Berbeda dengan uang atau saham yang sangat fluktuatif dan bisa bikin stres.

Baca Juga:7 Cara Investasi Emas Batangan untuk Investor Pemula

Investasi emas adalah langkah cerdas yang bisa dilakukan siapa saja, jadi mulailah hari ini agar tak menyesal di kemudian hari. Seperti semua jenis investasi lainnya, Anda tetap perlu mempelajari bagaimana cara berinvestasi emas yang baik dan benar agak profit Anda maksimal.

Di pembahasan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara investasi emas agar tetap profit. Simak berikut ini ulasannya. Tips Investasi Emas Batangan atau Emas Antam

1. Tentukan Tujuan dan Target Investasi Anda
Sebelum berinvestasi apapun, Anda perlu menetapkan tujuan yang jelas agar semakin terarah. Memang pada dasarnya semua investasi tujuannya adalah mencari keuntungan, tapi Anda sebaiknya membuat tujuan yang lebih spesifik lagi agar tidak over investing.

Misalnya, Anda bisa mulai berinvestasi emas untuk membeli properti seperti rumah atau tanah. Mengingat harga rumah yang sudah di kisaran ratusan juta, maka Anda bisa mengkalkulasi berapa uang yang harus Anda sisihkan per bulan untuk menabung emas.

Anda mungkin ingin menabung untuk pendidikan anak dalam bentuk emas? Maka Anda bisa membeli emas batangan secara rutin per bulan dengan budget yang lebih kecil karena investasi ini akan berlangsung selama bertahun-tahun sampai anak-anak Anda masuk jenjang perguruan tinggi.

Baca Juga:4 Kelebihan Investasi Emas Perhiasan yang Membuatnya Banyak Peminat

2. Pantau Harga Emas
Prinsip investasi di mana pun adalah beli ketika murah dan jual ketika mahal. Maka dalam berinvestasi emas, Anda perlu memantau harga emas terkini di berbagai situs atau surat kabar yang rutin meng-update harga emas.

Perhitungkan timing yang tepat, jangan buru-buru masuk ketika harga emas sedang mengalami kenaikan. Anda mungkin juga perlu memantau berbagai berita dan analisa dari para pakar seputar harga emas.

Ini cukup membantu Anda untuk menentukan kapan momentum yang tepat untuk mulai membeli emas. Dengan pertimbangan yang matang, modal Anda bisa naik berkali-kali lipat mengikuti harga emas yang melonjak.

Namun yang harus Anda pahami, investasi emas bukanlah jalan pintas menuju kekayaan instan. Ini adalah investasi panjang yang bisa memakan waktu 5-10 tahun dan bahkan lebih lama. Tapi keuntungan Anda tetap aman dan stabil, jadi investasi emas memang benar-benar worth it.

3. Beli Emas di Tempat Terpercaya
Saat ini Anda bisa membeli emas dari berbagai tempat, tak selalu harus di toko emas dan perhiasan. Di marketplace online pun banyak seller yang menjualnya. Tapi sebaiknya Anda membeli emas hanya di tempat terpercaya atau toko resmi saja untuk menghindari penipuan.

Selain di toko perhiasan, Anda bisa membeli emas di PT. Pegadaian atau langsung di kantor atau situs PT. Antam. Di beberapa marketplace seperti Blibli, Anda bisa menemukan seller emas terpercaya dan resmi dengan sertifikat asli.

4. Sesuaikan dengan Kemampuan
Emas batangan sekarang tidak hanya dijual dalam ukuran terkecil 1 gram, sekarang sudah banyak ukuran di bawahnya, bahkan yang sebesar 0,01 gram pun. Emas sekecil itu tentunya ekonomis dan cocok untuk Anda yang tak punya anggaran besar untuk menabung.

Ingat prinsip sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Itulah yang bisa Anda terapkan. Meski Anda hanya mampu membeli emas 0,01 atau 0,1 gram, jika Anda rutin membelinya dari menyisihkan gaji, maka lambat laun tabungan emas Anda akan semakin meningkat dan siap dipanen.

5. Simpan di Tempat Aman
Tips terakhir dari kami adalah simpan emas di tempat yang aman. Jika almari di rumah Anda dirasa kurang aman, Anda bisa membeli brankas kecil yang banyak dijual di toko online.

Brankas dari besi ini kuat dan dilengkapi dengan kombinasi kunci rumit yang hanya Anda ketahui. Jika emas Anda banyak, tentu sebaiknya jangan simpan di rumah. Anda bisa pergi ke bank untuk menyewa safe deposit box.

Keamanannya lebih terjamin, meski Anda harus membayar uang sewanya. Safe deposit box ini juga bisa Anda pakai untuk menyimpan dokumen-dokumen penting seperti sertifikat rumah.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan tips investasi emas batangan? Tak perlu ragu, mulailah menabung emas sekarang. Jika Anda malas keluar rumah, cobalah beli saja emas yang terpercaya di Blibli.

Blibli adalah tempat paling aman untuk membeli logam mulia secara online karena platform ini memiliki sistem keamanan yang sangat ketat. Temukan emas batangan Anda di Blibli yang bersertifikat asli dari toko resmi dan terpercaya.

Anda tak perlu ragu berbelanja logam mulia di sini karena Blibli memang hadir untuk memudahkan kita semua. Download saja dan mulailah menabung emas dari sekarang!

Lifestyle

Terkini

Baca tulis Alquran yang biasanya masuk dalam pendidikan Agama Islam, kini bakal masuk dalam kurikulum lokal Sekolah yang berada di Kabupaten Jember

News | 17:47 WIB

Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar di Kota Malang, Jawa Timur memastikan bahwa ruang perawatan untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19 masih tersedia

News | 17:29 WIB

Satu pasien kasus leptospirosis atau penyakit kencing tikus ditemukan di Kota Batu Jawa Timur ( Jatim ). Satu kasus ini muncul sejak Januari hingga November 2022.

News | 16:44 WIB

Nahas nian menimpa Dewi Shinta, seorang ibu hamil asal Probolinggo Jawa Timur ( Jatim ). Ia menjadi korban pohon tumbang di daerah setempat.

News | 15:14 WIB

Tingginya jumlah gamers dan jumlah pendapatan ini menjadi indikasi bahwa industri esports memiliki potensi yang cukup besar di Indonesia.

News | 15:00 WIB

Aksi begal sepeda motor terjadi di Kota Malang, Jawa Timur. Kali ini seorang perempuan menjadi korban usai membeli minuman di minimarket.

News | 14:33 WIB

Video penganiayaan yang dilakukan seorang pria kepada dua perempuan di Malang yang sempat viral beberapa waktu lalu akhirnya terungkap.

News | 16:15 WIB

Kabar terbaru terkait Covid-19 datang dari para petugas medis di Oxford Amerika Serikat. Ternyata, efek samping Covid-19 bisa membuat orang kejang-kejang dan epilepsi

News | 13:48 WIB

Ratusan Aremania mendatangi Kantor Pos Malang di Jalan Merdeka Selatan, Kota Malang, Kamis (17/11/2022).

News | 13:13 WIB

Sebanyak 50 Aremania bersama keluarga korban Tragedi Kanjuruhan berangkat ke Jakarta. Mereka berencana membuat laporan ke Bareskrim Polri.

News | 11:03 WIB

Kabar terkait update Tragedi Kanjuruhan Malang masih tetap ramai kemarin, Selasa (15/11/2022).

News | 08:17 WIB

Viral video penganiayaan pemuda ke cewek di Malang

News | 08:07 WIB

Keluarga korban Tragedi Kanjuruhan Malang masih terus menyuarakan tuntutan keadilan kepada kepolisian setempat atas tragedi yang menewaskan keluarga mereka.

News | 16:51 WIB

Seorang wisatawan mengeluh saat berwisata ke Taman Wisata Air Wendit di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

News | 12:54 WIB

Video mesum yang diduga diperankan oleh oleh siswi SMK di Sampang, Madura, Jawa Timur beredar di media sosial.

News | 09:38 WIB
Tampilkan lebih banyak