facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sorotan Bencana Alam Kemarin, Dari Banjir Akibat Cuaca Ekstrem Sampai Ancaman Erupsi Gunung Semeru

Muhammad Taufiq Minggu, 20 Maret 2022 | 07:02 WIB

Sorotan Bencana Alam Kemarin, Dari Banjir Akibat Cuaca Ekstrem Sampai Ancaman Erupsi Gunung Semeru
Penampakan erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (19/3/2022). [PVMBG]

Peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beberapa waktu lalu agaknya benar-benar terjadi.

SuaraMalang.id - Peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beberapa waktu lalu agaknya benar-benar terjadi.

Waktu itu BMKG memperingatkan ancaman bencana sejumlah daerah di Jawa Timur akibat cuaca ekstrem, Sabtu kemarin (19/03/2022).

Dimulai dari Malang. Hujan lebat menyebabkan bencana banjir yang menerjang Kampung Sanan RT 08 RW 15 Kecamatan Purwantoro Kota Malang. Banjir merendam permukiman warga hingga mengakibatkan dua ekor sapi mati.

Diketahui sapi yang mati tersebut milik Ali dan Muhtar. Banjir yang melanda kandang hewan ternak mengakibatkan total 21 ekor sapi tenggelam, dua diantaranya tak terselamatkan.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru, Abu Vulkanis Capai 1.000 Meter dari Puncak

"Tadi banjir parah setinggi leher orang dewasa. Karena di sini kan wilayah bawah dan dekat sungai," ujar warga setempat, Ketang (61) mengutip Timesindonesia.co.id, Jumat (18/3/2022).

Kronologisnya, lanjut dia, hujan deras terjadi pada sekitar pukul 16.00 WIB. Kemudian sungai di kawasan setempat meluap hingga mengakibatkan banjir merendam kandang ternak dan permukiman.

Kemudian bencana juga terjadi di Lamongan. Anging kencang menerjang kawasan setempat sehingga memporakporandakan permukiman warga.

Dilaporkan belasan rumah warga rusak akibat bencana alam tersebut. Salah satu wilayah terdampak, yakni Desa Wonorejo Kecamatan Sambeng. Selain rumah, kandang sapi, dan warung milik warga setempat rusak diterjang hujan yang datang bersama angin kencang tersebut.

"Kejadiannya berbarengan dengan hujan angin, dan cepat sekali. Kalau yang atap rumah itu banyak mas, baik yang atap genting maupun asbes," ujar Karsimin, salah seorang warga Desa Wonorejo mengutip dari Beritajatim.com, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga: Gunung Semeru Berstatus Siaga, Pos Pantau Catat Beberapa Kali Letusan

Ia menambahkan, bencana alam tersebut juga mengakibatkan pohon tumbang hingga menutup akses jalan penghubung antar desa. Persisnya di jalan akses Dusun Pojok, Desa Wonorejo dengan Desa Daliwangun.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait