alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Alhamdulillah, Kamar Isolasi Covid-19 di Banyuwangi Nyaris Kosong

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 30 September 2021 | 08:00 WIB

Alhamdulillah, Kamar Isolasi Covid-19 di Banyuwangi Nyaris Kosong
Ilustrasi covid-19 di Banyuwangi. [Pexels]

Kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menurun drastis. Alhasil, sejumlah kamar isolasi bagi pasien terpapar virus corona nyaris kosong tak berpenghuni.

SuaraMalang.id - Kasus penularan Covid19 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menurun drastis. Alhasil, sejumlah kamar isolasi bagi pasien terpapar virus corona di sejumlah rumah sakit rujukan nyaris kosong tak berpenghuni.

"Sekarang ini BOR isolasi (digunakan) sekitar 3 persen saja. Dibandingkan dulu ini menurun tajam," kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono mengutip dari TIMES Indonesia jaringan Suara.com, Rabu (29/9/2021).

Sementara, cakupan vaksinasi di Kabupaten Bayuwangi tercatat mencapai 58 persen dari target 1,2 juta jiwa.

Melansir laman resmi informasi Covid-19 Pemkab Banyuwangi, per tanggal 29 September 2021, dari total 371 kasur yang disediakan hanya 10 yang digunakan. 

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Luncurkan Angkutan Wisata Gratis, Berikut Ini Rute dan Ketentuannya

Dari 10 pasien tersebut, 4 diantaranya menjalani rawat inap di ICU dan 6 pasien lainnya di kamar isolasi. Tersebar di beberapa rumah sakit. Diantaranya, RSUD Blambangan 2 orang, RSUD Genteng 1 orang, RS Fatimah 1 orang, RS Al-huda 2 orang, RS Graha Medika 1 orang dan RS NU 3 orang. 

 
Secara keseluruhan Kabupaten Banyuwangi sudah berada di zona kuning. Berdasarkan informasi Covid-19 dari halaman website Pemprov Jatim, Banyuwangi memiliki tingkat kesembuhan 87,23 persen dengan rasio penularan rendah. 

Terkait capaian vaksinasi di Banyuwangi saat ini, dari target 1.230.356 jiwa sudah sebanyak 712.612 jiwa atau sekitar 58 persen yang telah mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama. Untuk dosis kedua, masih di angka 380.492 jiwa atau sekitar 31 persen dan 4.160 jiwa untuk dosis ketiga. 

Dari capaian tersebut, untuk sub kategori kelompok lansia sudah mencapai 84.446 jiwa pada dosis pertama atau setara 96 persen. Sedangkan dosis kedua sudah mencapai 57 persen atau setara 50.264 jiwa. 

Dengan angka konfirmasi rendah dan capaian vaksinasi lebih dari 50 persen dari target total ini, Kabupaten Banyuwangi dipastikan akan tetap mempertahankan status PPKM Level 2. 

Baca Juga: BPBD Banyuwangi Peringatkan Cuaca Ekstrem, Hati-Hati Pohon Tumbang

"Kita genjot terus vaksinasi saat ini agar bisa mencapai 70 persen target sasaran. Sesuai Inmendagri, ketika nanti sudah mencapai prosentase vaksinasi tertentu yang disyaratkan maka Kabupaten Banyuwangi bisa PPKM Level 1," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait