alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

TNI Gadungan di Jember Diringkus, Kedapatan Bawa Pistol dan Amunisi

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 26 Agustus 2021 | 17:38 WIB

TNI Gadungan di Jember Diringkus, Kedapatan Bawa Pistol dan Amunisi
Penangkapan TNI gadungan di Jember. [Suarajatimpost.com]

TNI gadungan itu sempat kabur saat akan diperiksa petugas

SuaraMalang.id - Berseragam lengkap bak prajurit TNI, Agus Kurniawan (49) diringkus anggota Koramil  0824/20 Gumukmas, Jember, Jawa Timur, Kamis (26/8/2021). Warga Desa Kencong, Jember ini ternyata TNI gadungan.

Kronologis bermula dari patroli rutin tiga anggota Koramil 0824/20 Gumukmas, yakni Peltu Erman, Serma Toha dan Serda Rois. Mereka kemudian mencurigai gelagat seorang pria berseragam doreng melintas mengendarai sepeda motor merek Suzuki Smash bernopol P 3031 PU. Ketika diminta berhenti, yang bersangkutan justru tancap gas.

Kemudian, terjadi aksi kejar-kajaran. TNI gadungan itu berhasil diringkus sekitar 1 kilometer dari markas Koramil 0824/20 Gumukmas.

Ketika digeledah, Ia kedapatan menyimpan senjata jenis pistol beserta amunisinya. 

Baca Juga: OJK Jember Bantu Polisi Telisik Kasus Bunuh Diri Diduga Depresi Pinjaman Online

Namun, diperiksa teliti lagi ternyata senjata tersebut pistol mainan berbahan plastik. Sedangkan amunisi juga diketahui hanya selongsong peluru hampa kaliber 5,56 mm yang diperuntukkan untuk jenis senjata SS-1. Selongsong peluru itu disimpan dalam jok sepeda motor.

Anggota Koramil Gumukmas Serda Rois membenarkan seorang pria diamankan kedapatan membawa senjata dan berpakaian dinas TNI, tapi saat dimintai keterangan ternyata tak ditemukan kartu anggota.

"Kami juga kaget tadi, pada saat kita kejar tambah memacu kendaraannya. Akhirnya kita geledah, kita temukan hal yang mencurigakan, seperti amunisi, senjata pistol, dan juga sangkur. Tapi karena yang bersangkutan berbelit - belit ketika kita tanyai di pinggir jalan raya Kuburan China. Jadi yang bersangkutan kita bawa Ke Mapolsek Gumukmas," Kata Serda Rois, mengutip dari Suarajatimpost.com, Kamis.

Sementara, Kanitreskrim Polsek Gumukmas Aiptu Amin Shahril mengatakan, pelaku ini saat diperiksa diduga menderita gangguan jiwa.

"Kita lakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan dan kita dapat titik terang yang bersangkutan adalah warga kecamatan kencong bernama Agus Kurniawan dan pak Kasun juga datang dan menuturkan jika memang yang bersangkutan tersebut kurang sehat pemikiranya," Amin Shahril.

Baca Juga: Bupati Jember Hendy Siswanto Tegas Tolak Tambang Pasir di Pantai Selatan

Agus Kurniawan, lanjut Aiptu Amin, mengaku mendapat seragam dinas TNI, senjata  api mainan dan sejumlah alat lainnya dari seorang warga Ambulu. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait