alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awas, Beredar Tabung Berisi Oksigen Palsu di Tulungagung

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Rabu, 21 Juli 2021 | 07:00 WIB

Awas, Beredar Tabung Berisi Oksigen Palsu di Tulungagung
ilustrasi Oksigen. Awas, Beredar Tabung Berisi Oksigen Palsu di Tulungagung. (Elements Envanto)

Beredar tabung berisi oksigen palsu di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Hal itu terungkap dari peternak ikan hias di daerah setempat.

SuaraMalang.id - Beredar tabung berisi oksigen palsu di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Hal itu terungkap dari peternak ikan hias di daerah setempat.

Anggota kelompok peternak Sol Koi di Tulungagung, Alipin menuturkan, terungkapnya kasus itu ketika mengetahui ikan yang diisi oksigen dari tabung yang baru dibelinya ternyata mati.

Seperti biasanya, pedagang ikan hias sering menggunakan oksigen atau udara segar itu untuk mengirim paket ikan hidup ke luar daerah.

"Kami menyadari oksigen yang kami dapat (beli) palsu setelah ikan dalam kantong plastik yang telah diisi udara dari tabung oksigen itu mati, hanya selang beberapa menit setelah pengisian," katanya dikutip dari Antara, Selasa (20/7/2021).

Baca Juga: Orang-orang Ini Berjuang Keras Isi Tabung Oksigen untuk Teman dan Istri

Dijelaskannya, ada dua kantong plastik berisi ikan koi diisi oksigen. Kemudian, beberapa ikan koi salah satu kantong plastik itu mati dalam kurun waktu kurang dari 15 menit usai diisi oksigen. Sedangkan ikan yang ada pada kantong lainnya bisa diselamatkan.

Mengetahui hal itu, Ia memutuskan melakukan pengujian isi tabung oksigen.

"Kami kemudian menguji tabung hitam yang kami curigai berisi oksigen palsu dengan oksgen asli," katanya.

Caranya, lanjut Alipin, udara dari dua tabung oksigen itu dimasukkan dalam kantong plastik lalu disulut api. Kantong yang berisi oksigen asli langsung terbakar, sedangkan yang berisi oksigen palsu sama sekali tak terbakar.

"Kalau dibakar kelihatan jelas sekali," katanya.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Banyak Rumah Sakit yang Menerima Vaksin Palsu?

Cara mengetahui oksigen asli atau palsu, lanjut dia, adalah melalui suhu tabung. Oksigen palsu dalam tabung hitam akan terasa lebih hangat, dibanding oksigen asli.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait