alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Pemkab Situbondo Tambah Rumah Sakit Rujukan

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 24 Juni 2021 | 08:00 WIB

Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Pemkab Situbondo Tambah Rumah Sakit Rujukan
Ilustrasi rumah sakit. Pemkab Situbondo Tambah Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Akibat Lonjakan Pasien. (Shutterstock)

ruang ICU dan non-ICU rumah sakit rujukan COVID-19 di RSUD dr. Abdoer Rahem dan Rumah Sakit Elizabeth telah terisi penuh pasien

SuaraMalang.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, Jawa Timur, meminta Rumah Sakit Mitra Sehat menjadi rumah sakit rujukan penanganan COVID-19, lantaran keterisian tempat tidur di RSUD dr. Abdoer Rahem dan Rumah Sakit Elizabeth sudah penuh.

Seperti diketahui, ruang ICU dan non-ICU rumah sakit rujukan COVID-19 di RSUD dr. Abdoer Rahem dan Rumah Sakit Elizabeth telah terisi penuh pasien. Bahkan, sejumlah pasien baru positif antre untuk dirawat.

"Sebagai upaya pemerintah, sesuai petunjuk Pak Bupati, hari ini kami menambah RS Mitra Sehat sebagai rumah sakit rujukan pasien COVID-19," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Situbondo Syaifullah dikutip dari Antara, Rabu (23/6/2021).

Ia melanjutkan, petugas dari Dinas Kesehatan Situbondo telah melakukan visitasi kelaikan RS Mitra Sehat menjadi rumah sakit rujukan. Sebagai langkah upaya antisipasi apabila terjadi lonjakan kasus baru COVID-19.

Baca Juga: Sudah Lima Hari Terpapar Covid-19, Ini Gejala yang Dirasa Gilang Widya Pramana

"Pada siang hari ini petugas dari Dinas Kesehatan sudah melakukan visitasi dan hasilnya RS Mitra Sehat layak menjadi rumah sakit rujukan," sambungnya.

Manajemen RS Mitra Sehat, lanjut dia, telah menyatakan siap menyediakan 16 tempat tidur non-ICU atau ruang isolasi pasien COVID-19 dan satu tempat tidur ICU.

"Mudah-mudahan dengan penambahan tempat tidur ICU dan non-ICU di RS Mitra Sehat bisa menampung pasien apabila terjadi lonjakan kasus COVID-19," katanya.

Syaifullah yang juga Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo itu menjelaskan bahwa tingkat penularan virus corona Situbondo berada di urutan ke-14 dari 38 kabupaten/kota di Jatim.

"Meskipun Situbondo berada di urutan 14 kasus positif di Jatim, namun kami tetap waspada dan terus mengantisipasinya. Harapan kami bisa terus menekan laju penularan COVID-19," katanya.

Baca Juga: Tolak Lockdown Pilih PPKM Mikro, Jokowi: Esensinya Sama

Dengan demikian, di Situbondo sudah ada tiga rumah sakit rujukan pasien COVID-19, yakni RSUD dr. Abdoer Rahem dengan 16 tempat tidur ICU dan non ICU 27 tempat tidur. Sedangkan di RS Elizabeth (BUMN) tersedia delapan tempat tidur di ruang ICU dan tujuh non-ICU. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait