alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tiap Hari 800 Ton Sampah Dihasilkan Jember, 180 Dibuang ke TPA, Sisanya?

Muhammad Taufiq Minggu, 06 Juni 2021 | 10:30 WIB

Tiap Hari 800 Ton Sampah Dihasilkan Jember, 180 Dibuang ke TPA, Sisanya?
Ilustrasi sampah menggunung [shutterstock]

Data mencengangkan soal sampah diungkap Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur. Ternyata, Jember memproduksi 800 ton sampah per hari.

SuaraMalang.id - Data mencengangkan soal sampah diungkap Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur. Ternyata, Jember memproduksi 800 ton sampah per hari.

Dari jumlah itu, sebanyak 180 ton sampah dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Lalu bagaimana dengan sisanya sebanyak 620 ton?

Seperti disampaikan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jember Eko Heru Sunarso, sampah yang masuk ke TPA Pakusari sebanyak 180 ton per hari.

Kebanyakan sampah yang tidak tertampung di TPA merupakan sampah yang tidak tertangani. Meskipun begitu Eko tidak menjelaskan bagaimana nasib 620 sampah yang tidak tertangani itu.

Baca Juga: Jadi Pelampiasan Berahi Ayah Angkat Tiri Sejak Desember 2020, ABG di Jember Lapor Polisi

Meskipun begitu, Ia mengintruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mengoptimalkan fungsi transfer Depo, TPS dan TPA.

"Ada 8 TPA akan dioptimalkan ke depannya agar masalah sampah ini bisa tertangani dan bersama komunitas bank sampah kita ada pembagian tugasnya nanti,” ungkap Heru dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring media suara.com, Minggu (06/06/2021).

Dia juga mengupayakan TPA Pakusari ke depannya menjadi percontohan sekaligus wisata edukasi pengolahan sampah. Heru juga menyampaikan saat ini Pemkab Jember sedang menggarap Perda yang mengatur sampah.

"Selama ini Jember belum mempunyai Perda Pengelolaan Sampah, kami sedang menyusun perda tersebut, jadi kami ada kekuatan untuk bergerak dan memberi sanksi terkait kedisiplinan masyarakat dalam pengelolaan sampah," katanya.

Sebelumnya, Pemkab Jember mengkampanyekan gerakan Pulihkan Bumi Kita dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga: Potensi Tsunami 29 Meter, Bupati Jember Instruksikan BPBD dan Kades Mitigasi Bencana

Kampanye tersebut digelar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari, Jember. Untuk diketahui, gerakan Pulihkan Bumi Kita merupakan gerakan serentak menghijaukan bumi Kabupaten Jember dan membersihkan lingkungan dari sampah.

"Lokasi ini kami jadikan titik awal dari pembenahan pengelolaan sampah di Kabupaten Jember, banyak rencana yang akan dikembangkan oleh DLH ke depannya," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait