alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tiga Aktivis di Jember Ditetapkan Tersangka Kasus Pelanggaran Prokes

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 25 Mei 2021 | 21:22 WIB

Tiga Aktivis di Jember Ditetapkan Tersangka Kasus Pelanggaran Prokes
Ilustrasi demo, demonstrasi atau unjuk rasa. Polisi tetapkan tiga aktivis Jember tersangka pelanggaran prokes. (Unsplash/claybanks)

Ketiganya merupakan koordinator lapangan yang menggerakkan massa demo atau unjuk rasa di Kantor Pemkab Jember pada 22 Desember 2020.

SuaraMalang.id - Polres Jember menetapkan tiga tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan (pelanggaran prokes) pada aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemkab Jember, pada 22 Desember 2020 lalu. Ketiganya diketahui aktivis berinisial JM, MIT dan MFR merupakan koordinator lapangan dalam aksi demonstrasi tersebut.

Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Komang Yogi Arya Wiguna mengatakan, ketiga tersangka dijerat dengan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan UU Nomor 19 Tahun 2004 tentang Pencegahan Penyakit Menular.

“Ancaman hukumannya satu tahun. Karena ancamannya di bawah lima tahun, maka tidak kami tahan. Wajib lapor,” ujarnya, Selasa (25/5/2021).

Ia melanjutkan, polisi sebenarnya telah melakukan pencegahan dengan mengimbau agar aksi demonstrasi dibatalkan lantaran masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Sebelum Mondok, Ratusan Santri Nurul Jadid asal Jember Jalani Tes GeNose

“Meski polisi sudah mengirimkan surat untuk meminta pembatalan, tetapi para korlap (koordinator lapangan) tetap melanjutkan demo. Sehingga kami lakukan penyelidikan dan penyidikan,” sambungnya.

Polisi mengaku sudah merampungkan seluruh pemeriksaan kasus pelanggaran prokes tersebut.

“Sudah di P21 oleh kejaksaan, sehingga kami langsung limpahkan untuk barang bukti,” imbuhnya.

Perlu diketahui, kasus demo di Kantor Pemkab Jember tersebut merupakan satu dari total enam kasus tentang pelanggaran prokes yang diusut polisi.

Polres Jember juga telah menetapkan seorang tersangka kasus pelanggaran prokes pada acara haul ulama di Tanggul, pada Januari 2021. 

Baca Juga: Macan Rembah Bergelantungan di Halaman Rumah Wakil Ketua DPRD Jember


“Kasus ini kami tangani, agar pandemi bisa segera berakhir,” pungkas Komang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait