alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Lazim! Pisang di Banyuwangi ini Berbuah di Batang Pohon

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 16 April 2021 | 17:07 WIB

Tak Lazim! Pisang di Banyuwangi ini Berbuah di Batang Pohon
Fenomena pisang berbuah pada batang pohon di Banyuwangi. [Foto: Suarajatimpost.com]

Dosen Biologi Universitas PGRI Banyuwangi, Fuad Ardiyansyah menyampaikan jika pisang berbuah pada batang pohon merupakan fenomena biasa

SuaraMalang.id - Warga Kelurahan Singotrunan, Kabupaten Banyuwangi digemparkan tanaman pisang yang tumbuh tak lazim di area SMPN 3 Banyuwangi. Lantaran buahnya atau tandan pisang tumbuh di batang pohon.

Tukang Kebun SMPN 3 Banyuwangi Imron (46) mengaku terkejut ketika pertama kali melihat tanaman pisang tersebut. Sebab tanaman pisang jenis Rojo Sewu itu tidak berbuah pada ujung pohon.

"Kejadiannya tidak disangka-sangka, waktu itu pas bersih-bersih dibelakang sekolah saya melihat pohon pisang berbuah aneh ini. Karena biasanya berbuah diatas tetapi ini berbuah dipangkal pohon," kata Imron dikutip dari Suarajatimpost.com jaringan Suara.com, Jumat (16/4/2021).

Kejadian ini, menurutnya, baru pertama kali ditemui dan baru terjadi di tempat tersebut. Sejumlah guru sekolah juga heran dengan fenomena pisang unik tersebut.

Baca Juga: Larangan Mudik, Polisi Awasi Tujuh Pelabuhan Jalan Tikus di Banyuwangi

Imron mengaku ingin terus merawat pohon pisang itu hingga nanti waktunya panen.

"Umur pisang 1,5 bulan nanti saya akan merawat pisang ini hingga waktu panen tiba," ujarnya.

Sementara itu Dosen Biologi Universitas PGRI Banyuwangi, Fuad Ardiyansyah menyampaikan jika pisang berbuah pada batang pohon merupakan fenomena biasa. Lantaran adanya kelainan proses pembuahan pada tanaman itu sendiri.

"Ada dua kemungkinan pertama ada proses differensiasi organ seksual dari pisang tersebut yang tidak sempurna. Ontong atau jantung pisangnya seharusnya keluar di ujung tanaman menjadi keluar dari batang. Akibatnya bunganya yang berada di dalam, terbuahi dan terbentuk atau terjadi di dalam batang pisang," urainya.

Kemungkinan kedua, lanjut dia, bisa jadi pohon pisangnya pernah dilukai di bagian hatinya (calon jantung pisang) sehingga menjadikannya kekurangan tenaga untuk menyumbul ke atas.Sehingga jantung pisang jadi membesar di bagian batang.

Baca Juga: Isu Reshuffle Menguat, Nama Ahok dan Bupati Banyuwangi Mencuat

"Nah karena pertumbuhan buah ini menyesuaikan tempatnya dan embrio itu biasanya memiliki tingkat survive yang tinggi sesuai karakter induknya. Maka dengan keterbatasan ruang karena ada pelepah pisang maka pertumbuhannya ya gitu jadi muncul di batang," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait