Abdul Aziz Mahrizal Ramadan
Kapten Timnas Denmark, Simon Kjaer (kanan) tampil pada laga perempatfinal Euro 2020 kontra Republik Ceko di Azerbaijan, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. [OZAN KOSE / POOL / AFP]

SuaraMalang.id - Anugerah Presiden UEFA diberikan khusus kepada Kapten tim nasional Denmark, Simon Kjaer, beserta jajaran tim medis yang menangani Christian Eriksen saat kolaps dalam pertandingan Euro 2020.

Penghargaan tersebut dianugerahkan lantaran kontribusi penting mereka saat insiden Eriksen terkena serangan jantung dalam pertandingan Denmark vs Finlandia di Stadion Parken, Kopenhagen, 12 Juni lalu, demikian pernyataan dalam laman resmi UEFA menyadur dari Antara, Selasa (24/8/2021).

Berkat respon cepat tim medis, Eriksen bisa meninggalkan lapangan dalam keadaan cukup stabil sebelum dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Kekinian, gelandang Inter Milan itu tengah menjalani pemulihan pasca operasi pemasangan alat pacu jantung.

Baca Juga: Gadis Kecil Berusia 9 Tahun Akan Jalani Operasi Jantung, Christian Eriksen Beri Semangat

Sementara, Kjaer mendapat penghargaan sebagai apresiasi atas kualitas kepemimpinan dalam mengantisipasi situasi tak biasa tersebut.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin menyebut Kjaer dan jajaran tim medis sebagai "pahlawan sesungguhnya dari Euro 2020".

"Tahun ini, Anugerah Presiden UEFA melampaui sepak bola. Ini menjadi bentuk peringatan penting dan abadi akan betapa berharganya nyawa manusia dan menghadirkan perspektif jernih kepada orang kebanyakan," kata Ceferin.

"Saya juga ingin menyampaikan doa terbaik kepada Christian Eriksen dan keluarganya sementara ia masih menjalani pemulihan," ujarnya menambahkan.

Laman resmi UEFA juga mencantumkan pesan pribadi dari Eriksen kepada para penerima Anugerah Presiden UEFA tersebut.

Baca Juga: Tak Bisa Lagi Main di Inter, Christian Eriksen Pulang ke Ajax?

"Saya ingin berterima kasih kepada Morten (Skjoldager), Morten (Boesen) dan semua tim medis yang membantu saya di Parken 12 Juni lalu. Pekerjaan fantastis kalian menyelamatkan nyawa saya," kata Eriksen.

Komentar