facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ditemukan Kuburan Era Inca di Dasar Rumah Warga, Diduga Berumur 500 Tahun

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Minggu, 26 Juni 2022 | 05:05 WIB

Ditemukan Kuburan Era Inca di Dasar Rumah Warga, Diduga Berumur 500 Tahun
Hipolito Tica duduk disamping tengkorak mayat jaman Inca yang ditemukan di bawah perumahannya di Lima, Peru. (Foto: Reuters)

Dilansir dari The Guardian, kuburan dari jaman Inca ini diperkirakanberumur lebih dari 500 tahun.

SuaraMalang.id - Ditemukan kuburan kuno disinyalir berasal dari Zaman Inca, terpendam di bawah sebuah pusat kota Lima. Saat ditemukan, isi kuburan tersebut masih tampak rapi.

Mayat yang mendiami kuburan masih terbuntal kain dengan baik meskipun telah membusuk dan tinggal tengkorak saja. Barang-barang yang menyertai pemakaman mayat tersebut juga masih tersimpan rapi disampingnya.

Dilansir dari The Guardian, kuburan dari jaman Inca ini diperkirakan berumur lebih dari 500 tahun.

Dari barang yang ditinggalkan dan kondisi mayat saat ditemukan, ilmuwan memperkirakan kuburan tersebut merupakan milik orang terpandang di jaman Inca.

Baca Juga: Arkeolog Buru Belasan Rumah Peninggalan Abad Pertengahan yang Tersembunyi

Hipolito Tica pemilik rumah mengaku terkejut dengan penemuan bersejarah yang terletak tepat di bawah rumahnya. Awalnya dirinya hanya berencana merenovasi rumahnya dan membangun pondasi kokoh ke dalam tanah.

Namun setelah beberapa dalam menggali, dirinya menemukan reruntuhan kuburan yang akhirnya dilaporkannya kepada pihak yang berwajib. Dirinya berharap bahwa masyarakat sekitar akan mau mengapresiasi nilai sejarah yang bisa saja terpendam di bawah perumahan mereka.

Wilayah tersebut dulunya memang merupakan wilayah kerajaan Chimu. Kerajaan tersebut meraih masa jayanya pada abat ke-15 sebelum pada akhirnya ditaklukkan oleh penjajah Spanyol pada tahun 1532.

Proses ekskavasi yang dimulai pada May 2022 hingga kini masih menyisakan beberapa titik yang hendak di pelajari lebih lanjut. Mayat penghuni kuburan Inca tersebut kini diamankan di Museum Lima, Peru untuk diteliti lebih lanjut. 

Baca Juga: Arkeolog Peru Temukan Makam Kuno Era Inca di Bawah Tanah Rumah Warga

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait