alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ditemukan Batu Kuno Diduga Struktur Candi di Bondowoso, Mirip Catatan Belanda Verbeek

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 16 September 2021 | 08:20 WIB

Ditemukan Batu Kuno Diduga Struktur Candi di Bondowoso, Mirip Catatan Belanda Verbeek
Salah satu temuan batu kuno diduga mirip catatan Belanda Verbeek di Bondowoso, Jawa Timur. [FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia]

Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, selain di Dusun Bataan, Desa Jati Sari. Masih ada beberapa titik gumuk bata lainnya.

SuaraMalang.id - Ditemukan struktur batu diduga bangunan candi di Desa Tegal Jati, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso. Temuan tersebut mirip catatan Belanda Verbeek.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bondowoso, melalui Kasi Sejarah dan Purbakala, Hery Kusdarijanto mengatakan, temuan beberapa batu kuno diduga sama dengan catatan Belanda Verbeek Tahun 1923.

 
"Selasa kemarin kami mendapatkan informasi dari masyarakat. Setelah mendengar info, kami langsung mengunjungi tempat yang dimaksud. Kita cek, ternyata banyak tumpukan batu bata di sana," jelasnya mengutip dari TIMES Indonesia jaringan Suara.com, Rabu (15/9/2021).

Selain tumpukan batu bata, terdapat pula empat buah umpak yang disakralkan oleh masyarakat sekitar. 

Baca Juga: Warga Klaten Temukan Terowongan Air Kuno Peninggalan Belanda

"Katanya mulai dulu ya seperti itu. Banyak batu bata yang berserakan di sebuah bukit kecil," bebernya.

Setelah melakukan pemantauan langsung. Pihaknya menduga ada kesamaan dengan catatan Belanda Verbeek Tahun 1923.

"Di sana dulu ada lapak arca dan candi berangka tahun 1386 caka. Sekarang tinggal serakan struktur batu batanya," paparnya.

Menurutnya, berdasarkan catatan itu ditemukan tiga buah lingga besar berhias dan angka Tahun 1386 caka. Serta ditemukan bola batu yang dibawa ke rumah residen Bondowoso pada masa lalu.

Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, selain di Dusun Bataan, Desa Jati Sari. Masih ada beberapa titik gumuk bata lainnya. Tapi karena keterbatasan waktu akhirnya pemeriksaan harus dihentikan. 

Baca Juga: Heboh Temuan Koin Kuno di Lamongan, Warga Berburu Lalu Menjualnya ke Kolektor

Pihaknya terus memverifikasi dan mencatat temuan-temuan berdasarkan hasil penelusuran bersama timnya. Setelah itu, pihaknya juga akan membandingkan dengan temuan-temuan lain. 

"Ada konteksnya atau tidak. Serta dilihat dari segi sejarahnya, karena temuan tersebut masih diduga," jelasnya.

Pihaknya mengaku memang penasaran dengan catatan Belanda Verbeek. Dan saat ini di Bondowoso ditemukan situs diduga mirip dengan catatan tersebut.

"Kami memang penasaran," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait