alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lima Destinasi Wisata di Kabupaten Malang Bersiap Uji Coba Buka Operasional

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 11 September 2021 | 21:12 WIB

Lima Destinasi Wisata di Kabupaten Malang Bersiap Uji Coba Buka Operasional
rencana uji coba buka destinasi wisata. ilustrasi Pantai Balekambang Malang. [Foto: Instagram/@balekambangmalang]

lima tempat wisata Kabupaten Malang itu dipilih karena sinyal internetnya cukup kuat untuk penerapan aplikasi pedulilindungi.

SuaraMalang.id - Lima destinasi wisata di Kabupaten Malang bersiap melakukan uji coba buka operasioal pasca tutup akibat penerapan PPKM, sejak Juli 2021 lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara mengatakan, saat ini ada lima tempat wisata yang diproyeksikan akan dilakukan uji coba untuk buka.


"Ada lima kami pilih sementara ini. Pertama ada Lembah Indah di (Kecamatan) Ngajum, Wisata Flower Santera di Pujon, terus Desa Wisata Pujon Kidul, Desa Wistaa Sanankerto Boonpring dan Pantai Balekambang," kata dia, Sabtu (11/9/2021).


Made mengatakan, lima tempat wisata itu dipilih karena sinyal internetnya cukup kuat untuk penerapan aplikasi pedulilindungi.

Baca Juga: Terbaru 2021, 8 Rekomendasi Wisata Dieng yang Sayang Dilewatkan


"Ya akhirnya nanti bisa diterapkan untuk wisatawan untuk menggunakan aplikasi pedulilindungi," ujarnya.


Sebelum dilakukan uji coba, Made berencana survei lapangan di lima tempat wisata itu minggu depan.


"Nanti kami video dan kami laporkan ke Kemenparekraf dan Menko Marves. Ini loh Kabupaten siap begini. Minggu depan kami akan survei langsung ke lapangan," ujar pria yang menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang itu.


Menanggapi rencana dari Pemkab Malang, Direktur Administrasi Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa, Husnul Hakim mengatakan, PD yang mengelola Pantai Balekambang itu telah disiapkan untuk dilakukan pembukaan uji coba.


"Iya ini yang ditunggu-tunggu alhamdulilah. Kalau perkara sinyal kami siap. Di sini (Pantai Balekambang) sudah terbukti sinyal internetnya kuat gak ada masalah," kata dia.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Sebut Sejumlah Destinasi Wisata di Jatim Bersiap Uji Coba Operasional


Husnul juga mengatakan, Pantai Balekambang telah memiliki Satgas Covid-19. Sebelum ditutup sejak PPKM Darurat hingga Level 4 kemarin, Satgas Covid-19 di Pantai Balekambang telah terbentuk.


"Jadi ya kami untuk Sumber Daya Manusia (SDM) sudah siap. Kami untuk menerapkan protokol kesehatan sudah ketat," pungkas dia.

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menjelaskan, pembukaan ini dikarenakan kian landai-nya kasus harian Covid-19 di Kabupaten Malang.


"Iya ini kan kita sudah Level 3 PPKM dan nanti tempat wisata akan coba dibuka perlahan-lahan," kata dia..


Didik menjelaskan, untuk uji coba ini hanya beberapa tempat wisata yang dibuka berdasar kesiapan Satgas Covid-19 setempat.


"Tempat wisata itu yang buka kita lihat kelonggarannya itu terawasi dengan benar salah satunya nanti mungkin yang di dekat perkampungan yang satgasnya susah siap," katanya.

Kontributor : Bob Bimantara Leander

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait