facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Survei Pilpres 2024, SMRC: 81 Persen Suka Khofifah

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 14 Juni 2021 | 11:01 WIB

Survei Pilpres 2024, SMRC: 81 Persen Suka Khofifah
ilustrasi survei SMRC pilpres 2024. - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. [dok. suara.com]

SMRC menganggap elektabilitas Khofifah cukup kompetitif untuk maju dalam bursa pemilihan presiden (Pilpres) pada 2024.

SuaraMalang.id - Hasil survei terbaru dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat sejumlah 81 persen menyukai sosok Khofifah Indar Parawansa. SMRC menganggap elektabilitas Khofifah cukup kompetitif untuk maju dalam bursa pemilihan presiden (Pilpres) pada 2024.

Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad mengatakan, hasil penelitian bertajuk “Partai Politik dan Calon Presiden: Sikap Pemilih Dua Tahun pasca Pemilu 2019” menggambarkan bahwa untuk mendapatkan suara dari calon pemilih, maka harus dikenal dan disukai.

“Karena untuk dipilih seorang yang dikenal harus disukai sehingga dipilih (eletabilitas) maka untuk sementara yang paling kompetitif untuk dikampanyekan adalah Khofiffah,” kata dikutip dari beritajatim.com --media jejaring suara.com, Senin (14/6/2021).

Saidiman menambahkan, ada beberapa nama tokoh lain yang kompetitif melaju dalam bursa calon presiden dengan elektabilitas tinggi, yakni Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo dan Tri Rismaharini.

Baca Juga: Selamat Tinggal Selamanya, Khofifah Indar Parawansa Berduka Kiai Nawawi Meninggal

Dari hasil survei terlihat sejumlah nama tingkat kedikenalnnya jauh lebih rendah tapi kedisukaannya jauh lebih tinggi. Rinciannya, Khoffifah (tahu 48%, suka 81%), Risma (tahu 54%, suka 84%), Ganjar (tahu 57%, suka 84%), Ridwan Kamil (tahu 65%, suka 85%).

“Nama-nama itu kalau disosialisasakan secara intensif kemungkinan akan mendapat elektabilitas lebih baik dari pada nama-nama lain,” sambungnya.

Menurut Saidiman, survei nasional SMRC menunjukkan saat ini tokoh dengan elektabilitas tertinggi untuk menjadi capres adalah Prabowo Subianto.

“Namun keunggulan Prabowo ini sangat mungkin terjadi karena namanya jauh lebih dikenal dibandingkan kandidat-kandidat lain,” ujar Saidiman.

“Akan lain halnya kalau para pesaing Prabowo juga memiliki tingkat kedikenalan serupa.”

Baca Juga: Survei SMRC: Banyak yang Tahu Puan Maharani, Tapi yang Suka Ganjar dan Risma Lebih Tinggi

Survei SMRC menunjukkan Prabowo dikenal hampir semua warga. Sekitar 98% warga menyatakan mengetahui Prabowo. Kedikenalan Prabowo ini jauh di atas Anies Baswedan yang dikenal 83% warga dan Sandiaga Uno yang juga dikenal 83%.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait