facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kementerian Agama: Indonesia Dukung Palestina Menentang Penjajahan Israel

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Rabu, 19 Mei 2021 | 15:35 WIB

Kementerian Agama: Indonesia Dukung Palestina Menentang Penjajahan Israel
ilustrasi Kementerian Agama dukung Palestina.-- Sejumlah massa aksi membentangkan bendera Palestina saat mengikuti aksi solidaritas dukung Palestina terkait kekerasan yang terjadi beberapa waktu lalu oleh Israel di depan Kedubes AS, Jakarta, Selasa (18/5/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

aksi solidaritas penggalangan dana untuk membantu rakyat Palestina sebagai bentuk ukhuwah Islamiyah.

SuaraMalang.id - Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia menegaskan tetap mendukung perjuangan Palestina menentang penjajahan Israel. Posisi itu tidak berubah sejak pernyataan Presiden Indonesia Soekarno.

"Indonesia dan Palestina adalah dua sahabat. Bung Karno bahkan pernah menegaskan, selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, selama itulah bangsa Indonesia berdiri menentang penjajahan Israel," kata Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag M. Fuad Nasar dikutip dari Antara, Rabu (19/5/2021).

Menurutnya, banyak aksi solidaritas penggalangan dana untuk membantu rakyat Palestina sebagai bentuk ukhuwah Islamiyah.

"Indonesia sebagai negara dengan umat Islam terbesar di dunia tetap mendukung dan membantu perjuangan rakyat Palestina," ujarnya.

Baca Juga: Pusat Pendidikan Anak Menilai Hukuman Pelajar Hina Palestina Harus Mendidik

Aksi tersebut, lanjut dia, tidak lain merupakan cerminan sikap masyarakat Islam yang memiliki solidaritas terhadap penderitaan saudaranya dengan berbagai cara.

"Motivasi agama memiliki peran esensial dalam menggalang dan memelihara solidaritas umat Islam dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Membela orang atau bangsa yang tertindas dan terzalimi di muka bumi adalah perintah ajaran Islam," sambungnya.

Konflik Palestina yang tidak menentu, masih kata Fuad, merupakan masalah kemanusiaan karena menyentuh hati nurani umat manusia yang kodratnya cinta damai dan antikekerasan.

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi menyatakan, bahwa pada prinsipnya, bangsa Indonesia adalah menentang segala bentuk penjajahan di muka bumi karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Bangsa Indonesia selalu berdiri di belakang perjuangan rakyat Palestina untuk memperoleh hak sebagai negara dan bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Baca Juga: Tak Kuat Lihat Derita Rakyat Palestina, Zaskia Adya Mecca Merasa Tersayat

"Saya mengajak kepada seluruh umat Islam Indonesia untuk terus memberikan dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina dan mendoakan mereka, semoga Allah SWT segera menurunkan pertolongan dan memberikan keselamatan bagi warga Palestina," kata Wamen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait