alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BB TNBTS Tambah Kuota Pendakian Gunung Semeru 50 Persen

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Rabu, 19 Mei 2021 | 10:13 WIB

BB TNBTS Tambah Kuota Pendakian Gunung Semeru 50 Persen
ilustrasi pendakian Gunung Semeru. [instagram]

Humas BB TNBTS, Sarif Hidayat menjelaskan, penambahan kuota pendakian Gunung Semeru menjadi 50 persen berdasar hasil monitoring dan evaluasi.

SuaraMalang.id - Kabar baik untuk para pendaki. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menambah kuota pendakian Gunung Semeru 50 persen dari kapasitas.

Humas BB TNBTS, Sarif Hidayat menjelaskan, penambahan kuota pendakian Gunung Semeru menjadi 50 persen berdasar hasil monitoring dan evaluasi. Selain itu, juga merujuk surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar memberikan ruang penambahan kuota sampai dengan 50 persen dari kuota normal. Jumlah itu setara 300 orang pendaki per hari.

“Dengan pembagian 130 pengunjung umum. Serta 170 pengunjung untuk reschedulling. Sebelum penutupan selama leabran 1442 Hijriah, kuotanya hanya 30 persen atau 180 pendaki saja,” katanya dikutip dari Timesindonesia.co.id jaringan Suara.com, Rabu (19/5/2021).

Selain itu, lanjut dia, penambahan kuota juga untuk mengakomodir calon pendaki yang tertunda.

Baca Juga: Gunung Everest Mulai Terkontaminasi Virus Corona

“Selain itu juga untuk mengakomodir pengunjung yang tertunda pada saat penutupan karena kebakaran hutan, erupsi Semeru, pandemi dan lebaran kemarin,” imbuhnya.

Penambahan kuota pendakian Gunung Semeru berlaku sejak 24 Mei 2021. Pembukaan kuota pendakian bakal dilakukan secara berkala setiap satu bulan sekali. Paling lambat seminggu sebelum pergantian bulan.

Bagi calon pendaki yang akan melakukan jadwal ulang atau reschedule, bisa mengunjungi laman resmi BB TNBTS untuk urusan tersebut. Yakni di reschedule.bromotenggersemeru.org. Di laman itu pula, tertulis syarat dan ketentuan apa yang harus dipenuhi calon pendaki. Untuk bisa melakukan jadwal ulang pendakian ke Gunung Semeru, Jawa Timur.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait