alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gejalanya Serupa, Catat Perbedaan Penyakit Autoimun dan Covid-19

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati Rabu, 13 Januari 2021 | 20:15 WIB

Gejalanya Serupa, Catat Perbedaan Penyakit Autoimun dan Covid-19
Penyakit autoimun. (Shutterstock)

Kekambuhan penyakit autoimun punya kemiripan dengan gejala infeksi Covid-19. Oleh sebab itu, sulit membedakan gejala antara kedua penyakit tersebut. Lalu apa bedanya?

SuaraMalang.id - Sejak awal pandemi, tentu banyak yang sudah tahu bahwa Covid-19 menyerang mereka yang memiliki orang dengan imunitas yang rendah. Selain itu, orang dengan penyakit bawaan atau komorbid juga dianggap rentan.

Satu hal yang juga jadi tantangan, bahwa Covid-19 sendiri memiliki gejala yang hampir serupa dengan sejumlah penyakit. Salah satunya dengan penyakit autoimun.

Kekambuhan penyakit autoimun punya kemiripan dengan gejala infeksi Covid-19. Oleh sebab itu, sulit membedakan gejala antara kedua penyakit tersebut.

Spesialis penyakit dalam dr. R. M. Suryo Anggoro. Sp. PD-KR., mengatakan, salah satu gejala yang mirip antara kedua penyakit tersebut adalah demam.

Baca Juga: Kamis Besok Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah Disuntik Vaksin Sinovac

"Gejala Covid-19 bisa menyerupai gejala autoimun seperti demam. Saya ada pasien RA (Rheumatoid Arthritis) dia mengalami demam, badannya sakit semua, meriang, seperti awal dia mengalami RA. Tapi setelah diperiksa ternyata dia terinfeksi Covid-19. Artinya kadang kala sulit kalau hanya dari gejala saja," jelas Suryo dalam webinar virtual dari ICTEC RSCM-FKUI, Rabu (13/1/2021).

Bukan hanya gejala umum, pada penyakit autoimun yang menyerang paru-paru juga pemeriksaan CT-scan menyerupai dengan pasien Covid-19, lanjut dokter Suryo.  

Ilustrasi Covid-19 (Elements Envato)
Ilustrasi Covid-19 (Elements Envato)

"Itu lebih sulit juga mendeteksinya. Ada beberapa penyakit autoimun yang mengalami peradangan paru, datang dengan keluhan sesak, CT-scan mirip dengan peradangan covid," ucapnya.

Sehingga, diagnosa Covid-19 terhadap pasien autoimun harus lebih detail dilakukan. Menurut dokter Suryo, yang bisa membedakan dan memastikan pasien autoimun positif Covid-19 hanya dengan pemeriksaan melalui tes PCR.

Ketika orang dengan autoimun mengalami demam dan berobat ke rumah sakit, dokter akan lebih dulu evaluasi penyakit autoimun untuk mengecek apakah ada kekambuhan.

Baca Juga: Jelang Penyuntikan Covid-19, Pemkot Balikpapan Siapkan 47 Lokasi

"Dilanjutkan dengan evaluasi tanda Covid-19," kata dokter Suryo. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait