Abdul Aziz Mahrizal Ramadan
banjir melanda Dusun Beru, Desa Banaran Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Jumat (8/4/2022). [Pusdalops BPBD Kota Batu]

SuaraMalang.id - Banjir dan tanah longsor melanda Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (8/4/2022). Hujan deras jadi penyebab bencana alam tersebut.

Berdasar laporan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, banjir melanda Dusun Beru, Desa Banaran Kecamatan Bumiaji akibat luapan Kali Paron, pukul 14.50 WIB.

"Hujan dengan intensitas tinggi di Kecamatan Bumiaji menyebabkan naiknya debit kali paron. Air meluap ke Jalan Hasanudin, Dusun Beru dan menyebabkan beberapa rumah warga terdampak tergenang air dan material lumpur," ujar Pusdalops BPBD Kota Batu dalam keterangan tertulisnya.

Rumah terdampak banjir rinciannya, rumah Arif di Perum Griya Mas nomor 8, Nova Perum Griya Mas nomor 11 Dusun Beru.

Baca Juga: Malang Terendam Banjir, Warganet Salahkan Wali Kota yang Hanya Urusi MiChat

Kemudian rumah warga atas nama Wantoro, Suhar, Ridwan, Agus, Suwardi, seluruh di RT 1 RW 6 Dusun Beru. Lalu rumah milik Mashur RT 1 RW 4.

BPBD telah melakukan kaji cepat di lokasi terdampak banjir. Selain itu juga berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, pembersihan material lumpur serta penyemprotan sisa lumpur dengan mobil damkar oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan.

Terpisah, bencana tanah longsor melanda kawasan Jalan Besta Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Pusdalops BPBD melaporkan, akibat hujan intensitas tinggi menyebabkan plengsengan non teknis ambril kemudian membawa material lumpur dan menerjang rumah warga setempat.

Kendati demikian, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa longsor tersebut.

Baca Juga: Banjir Menggenang di Depan SPBU Cikadut, Jalan AH Nasution Bandung Macet Parah

"Nihil korban, dinding rumah Bapak Samsul Arif rusak," ujar Pusdalops BPBD.

Komentar